Pelabuhan Ciwandan Disiapkan Urai Kepadatan Angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak

man-headphones

CN, Jakarta - Antisipasi lonjakan jumlah pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Sumatera, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan Pelabuhan Ciwandan Banten untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak selama masa Angkutan Lebaran 2023.

"Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, tapi akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik," demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta, Senin (13/03/2023).

Pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan – Panjang akan dilayani oleh 3 unit kapal milik PT. Pelni dan PT. ALP.

Dirjen Hendro mengatakan bahwa, akan dialokasikan sebanyak 5 dermaga di Pelabuhan Ciwandan di antaranya dermaga 02, dermaga 03, dermaga 05A, 06 dan juga 07 dengan rencana 24 trip/hari. Sementara itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak sebanyak 7 dermaga yang akan dilayani dengan total 65 kapal RoRo.

"Nantinya kendaraan Roda 4 dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan Roda 2 dan truk agar tidak terlalu padat," ujarnya.

Dirjen Hendro menambahkan, pengalihan sepeda motor dan truk ke Pelabuhan Ciwandan akan dilakukan secara sistem melalui aplikasi Ferizy sehingga penjualan tiket khusus sepeda motor dan truk logistik hanya ada pilihan melalui lintas Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang.

"Diharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Ciwandan dapat mengurangi waktu tunggu pengguna sepeda motor untuk diangkut masuk ke kapal penyeberangan," pungkasnya.

Pembelian Tiket Penyeberangan Melalui Ferizy

Untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman para pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan, Dirjen Hendro pun mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring (online) melalui Ferizy baik saat mudik maupun balik.

"Kepada masyarakat saya sarankan untuk membeli tiket penyeberangan melalui aplikasi Ferizy dan kalau bisa beli tiket lebih awal atau jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan," imbau Dirjen Hendro.

Adapun tahapan untuk membeli tiket melalui Ferizy yaitu:

1. Download aplikasi Ferizy di Smartphone atau melalu website ferizy.com

2. Pilih jadwal keberangkatan

3. Isi data diri dengan lengkap

4. Lakukan pembayaran

5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email

6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass.

"Kalau sudah memegang boarding pass maka masyarakat sudah bisa proses masuk ke dalam kapal. Tentunya dengan Ferizy, akan mempercepat proses masuknya kendaraan ke kapal sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama," tambahnya.

Beberapa keuntungan lain dengan diaplikasikannya Ferizy ialah bisa reservasi tiket di manapun dan kapanpun, cashless karena pembayaran melalui aplikasi/website, serta hak atas asuransi lebih terjamin karena data lengkap, akurat dan validitasnya terjaga.

Dirjen Hendro berharap dengan optimalnya layanan Ferizy dapat memastikan ketersediaan tiket dan mempelancar pelayanan di Pelabuhan Penyeberangan.

Terpopuler

To Top