Respon Reshuffle Kabinet, Maluku Satu Hati Dan JAMI Rekomendasikan Putra-Putri Terbaik Maluku

man-headphones

CN, Jakarta - Jaringan Aktivis Milenial Indonesia (JAMI) pro pemerintah yang terdiri dari beberapa anak muda Maluku yang memiliki posisi strategis pada berbagai organisasi nasional tertentu yang juga merupakan representasi dari organisasi kelompok cipayung, organisasi intra, organisasi profesional, organisasi paguyuban bahkan OKP berharap perombakan kabinet harus didasarkan pada riset dan survey independen tanpa tendensi politik kelompok maupun golongan manapun, dan harus berasaskan keadilan yang berorientasi kepada kemaslahatan masyarakat.

"Perihal reshuffle kabinet adalah hak prerogatif seorang Presiden. Namun demikian merombak struktur menteri dalam suatu kabinet butuh beberapa indikator penting yang dihasilkan berdasarkan riset maupun pertimbangan politik sebagai wujud demokrasi yang substantif," demikian diungkapkan Inisiator JAMI, Frangky Darwin di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Sebelumnya Presiden Jokowi mengusulkan pembentukan Kementerian Investasi. Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin pada Selasa, 13 April 2021 pun menyebut reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Jokowi pada pekan ini.

Frangky Darwin mengatakan, terkait isu reshuffle tersebut pihaknya merekomendasikan salah satu putra-putri terbaik asal Maluku yang miliki dedikasi, kapabilitas dan kompeten sebagai representatif wilayah atau daerah sesuai visi Presiden dan tujuan daripada nawacita itu sendiri. 

Frangky menilai, peran anak Maluku di tubuh pemerintahan patut diapresiasi mengingat secara historis perjuangan merebut kemerdekaan tak terlepas pisahkan dari berbagai aksi heroik dan perjuangan para pejuang atau pahlawan Maluku, seperti Thomas Matulessy atau dikenal dengan nama Kapitan Pattimura, Christina Martha Tiahahu, Yohanes Leimena dan masih beberapa yang tak disebutkan. Demikian pula perjuangan yang sama dilakukan diberbagai daerah dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bahkan sampai merebut kemerdekaan pada tahun 1945.

"Evaluasi seluruh jajaran kabinet merupakan aspek yang sangat penting demi perbaikan etos kerja para menteri dan menjaga reputasi politik Presiden. Dan itu harus dilakukan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Maluku Satu Hati (MSH) James Talakua, dalam memperjuangkan anak Maluku untuk menduduki kursi menteri di kabinet Indonesia Maju jilid II, tak bisa dilakukan secara individual tapi secara holistik (bersama) tanpa ego sectoral maupun kelompok tertentu. 

"Maluku sudah lama menanti perhatian pemerintah, lebih khusus dalam memberikan apresiasi kepada putra-putri terbaik Maluku yang nantinya akan menduduki kursi menteri maupun jabatan strategis lainnya, baik di BUMN maupun Birokrasi pemerintahan," tegas James

James mengajak semua komponen masyarakat Maluku bersatu untuk mewujudkan kebangkitan dan kemajuan Maluku dengan mengawal rencana dan niat tulus ikhlas Presiden Jokowi untuk mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional dan membangun Pelabuhan Ambon New Port.

James menambahkan seperti kata Presiden,   Kota Ambon akan mengembangkan pelabuhan baru dengan konsep pelabuhan terintegrasi yang akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur.  

“Momentum kebangkitan Maluku berawal dari kedua proyek strategis ini yang diharapkan dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Maluku,” ujarnya.

Maluku sebagai daerah kepulauan, secara geopolitik memiliki peran yang sangat strategis untuk pembangunan nasional. Oleh karena itu, sebagai generasi muda Maluku kami menghimbau kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dalam misi mewujudkan pembangunan nasional jangan pernah menutup mata untuk Maluku, apalagi manganaktirikan kita Maluku, karena tanpa Maluku bukanlah Indonesia. 

Sebab itu, Jaringan Aktivis Milenial Indonesia (JAMI) percaya Presiden Jokowi akan berhati-hati dalam merombak kabinet agar reshuffle harus berdasarkan asas kemaslahatan bersama bukan sekedar bagi-bagi jatah politik.

"Kami berharap dapat bertemu dengan Presiden Jokowi dan menyampaikan apresiasi kami kepada beliau dimana keinginan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) dapat terealisasi di era kepemimpinan beliau. Dan bahkan pula kami akan menyerahkan dokumen manifesto perjuangan kami sebagai wujud aspirasi dan pernyataan sikap kami kepada pemerintah dalam mendukung program Nawacita Jokowi," pungkas Frangky Darwin yang juga merupakan Duta Perdamaian Dunia.

Terpopuler

To Top