Rapper AKON Gelar Mini Konser di Kementerian Sosial RI

man-headphones

CN, Jakarta - Rapper asal Senegal, Aliaune Damala Akon Thiam alias AKON menggelar mini konser dalam rangka MoU Program "AKON Terangi Suku Anak Dalam, Orang Rimba, dan Komunitas Adat Terpencil di Kementerian Sosial, Jakarta (8/3/2017). Dalam mini konser AKON menyanyikan lagu andalannya antara lain _Lonely_ dan _Right Now (Na Na Na)_ .

Pada Program ini mencangkup instalasi peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan mempromosikan penghematan energi. Untuk menyukseskan program ini, penyanyi yang lahir di Amerika Serikat bekerjasama dengan organisasi nirlaba Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation.

Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kepedulian yang diperlihatkan AKON dengan cara memberikan "penerangan" kepada Suku Anak Dalam yang notabene merupakan Komunitas Adat Terpencil (KAT) patut diapresiasi. Hal ini sejalan dengan program percepatan elektrifikasi desa yang tengah digencarkan pemerintah. 

Menurut Khofifah, selama ini suku Anak Dalam hidup tanpa listrik. Selain itu, mereka hidup selalu berpindah-pindah (nomaden) dari kawasan yang satu ke kawasan yang lain untuk bertahan hidup. Saat ini Kementerian Sosial tengah memaksimalkan hunian tetap bagi Suku Anak Dalam, orang rimba, dan Komunitas Adat Terpencil (KAT).

"Listrik yang dihasilkan tidak akan membebani karena mengandalkan cahaya matahari. Tidak perlu membayar setiap bulannya. Alat yang digunakan bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya," kata Mensos.

Khofifah mengatakan sebelum di Indonesia, AKON telah memulai program elektrifikasi ini di negara-negara Afrika. Total ada 25 negara di Afrika yang menjadi sasaran program bertajuk "AKON Lighting Africa".

Terpopuler

To Top