Butuh Keseriusan Semua Pihak Dalam Penanganan Cybercrime

man-headphones

CN, Jakarta - Perkembangan internet merupakan salah satu bagian dari perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi, disisi lain perkembangan internet juga dapat mengundang dan memberi ruang terhadap mereka yang berniat jahat melakukan tindak kriminal melalui internet.

Pengamat Sosial, Mintarsih A. Latif mengatakan hal ini dapat menimbulkan fenomena dimana orang dengan kemampuan yang dimiliki dapat melakukan tindak kejahatan yang tidak dilakukan secara nyata dan kasat mata sebagai mana kejahatan yang terjadi sebelum adanya internet. 

"Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi computer khusunya internet. Cybercrime didefinisikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi computer yang berbasasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet," kata Mintarsih di Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Ia mengungkapkan fenomena cybercrime memang harus di waspadai karena kejahatan ini agak berbeda dengan kejahatan lain pada umumnya yang dapat dilakukan tanpa mengenal batas teritorial dan tidak memerlukan interaksi langsung antara pelaku dengan korban kejahatan. 

"Kejahatan didunia maya memerlukan langkah antisipasi konkrit menanggulangi kejahatan masa depan ini, bentuk kejahatannya mulai dari terorisme, narkotika, penipuan, pornografi hingga perjudian. Bahkan kalau perlu, Indonesia harus ada lembaga khusus yang berdiri sendiri sebagai pengawas dan pemberi rekomendasi tindakan hukum atas kejahatan dunia maya ini," ujar Mintarsih.

Lebihlanjut Mintarsih mengatakan Upaya penanganan cybercrime membutuhkan keseriusan semua pihak mengingat teknologi informasi khususnya internet telah dijadikan sebagai sarana untuk membangun masyarakat yang berbudaya informasi.

Terpopuler

To Top