ITL Trisakti Gelar Wisuda 1.162 Lulusan Yang Siap Majukan Sektor Transportasi Dan Logistik Nasional

man-headphones

CN, Jakarta - Institut Transportasi dan Logistik Trisakti kembali menggelar acara wisuda secara onsite untuk pertama kalinya sejak Pandemi global Covid-19 terjadi. Wisuda kali ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada Selasa, 15 November 2022 dengan mengangkat tema “Wisudawan dan wisudawati alumni ITL Trisakti siap berbakti membangun dan memajukan sektor transportasi & logistik nasional NKRI”.

Sebanyak 1.162 mahasiswa secara resmi menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Acara wisuda dibuka secara resmi oleh ketua senat Institut Transportasi Logistik Trisakti dan dihadiri  langsung oleh rektor ITL Trisakti, anggota senat ITL Trisakti , para pimpinan ITL Trisakti dan staf akademisi lainnya.

”Keberhasilan merupakan anugerah tersendiri yang patut untuk disyukuri. Kelulusan ini merupakan langkah awal memasuki medan perjuangan yang baru. Untuk itu wisuda kali ini bukanlah akhir dari bejalar, justru merupakan starting point dalam menghadapi medan belajara yang sesungguhnya dalam rangka membangun transportasi dan logistik di Indonesia ini. Saya sampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang akan terjun untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang pada akhirnya akan dapat mengharumkan nama baik ITL Trisakti. Kepada orang tua wisudan saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak ibu untuk menyerahkan putra-putrinya melanjutkan pendidikan di ITL Trisakti,” demikian disampaikan Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman dalam laporan sekaligus sambutannya pada acara Wisuda di JCC, Jakarta.

Turut hadir pula Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. E.D. Bimo Prakoso, Ketua Pembina Yayasan Trisakti, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Trisakti, Julius Yudha Halim, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dr. Umar Aris, S.H., M.M., M.H, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. E.D. Bimo Prakoso menyampaikan, agar kita semua bisa mempertahankan National Interest kita. Kita harus bisa menjalankan UUD 45, menjadi masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut serta ikut serta dalam perdamaian dunia. Para wisudawan juga harus berani menghadapi tantangan global yang semakin berat kedepannya, bekerja keras, cepat tepat, jujur dan berdedikasi. Bekerja sebagai tim yang kompeten dan saling memperkuat. Jangan sampai Korupsi Kolusi Nepotisme dan jangan sekali kali berurusan apalagi terlibat Narkoba. Serta menyampaikan sukses kepada ITL Trisakti dalam mengelola pendidikan yang berkualitas dan unggul pada bidang ilmu Transportasi dan Logistik di tanah air Indonesia.

“Saya berpesan agar para lulusan harus siap dan berani menghadapi tantangan global yang semakin berat ini. Kuncinya bekerja keras, cepat, jujur, berdedikasi dan berkolaborasi, saling membantu. Jauhi segala pelanggaran taati peraturan, jangan korupsi, kolusi dan nepotisme serta jangan sekali-sekali berurusan dengan Narkoba,” ungkap Bimo.

Ketua Pembina Yayasan Trisakti yang diwakili oleh Julius Yudha Halim mengutarakan bahwa, Pembina Yayasan Trisakti berharap ITL Trisakti dapat menjadi kampus unggulan berkelas internasional dan mengembangkan entrepreneurship serta teknologi digital yang hijau.

“Kami dari pembina berharap ITL Trisakti mampu mengembangkan banyak hal, utamanya menjadi kampus yang unggul, mengembangkan entrepreneurship dan mengedepankan pengembangan teknologi hijau disektor transportasi dan logistik,” tutur Julius.

Selain itu, untuk menunjang karier para wisudawan dimasa mendatang. Diharapkan juga agar lulusan ITL Trisakti mampu mengembangkan jaringan networkingnya seluas mungkin.

“ITL Trisakti merupakan Pendidikan yang unik dengan fokus pada trasnportasi dan logistik. Selain itu, dosen-dosen memiliki jaringan networking yang luas dan itu merupakan hal penting yang perlu mahasiswa perhatikan. Kita jangan terbelenggu dengan aset, tidak ada modal ataupun tidak ada uang. Tapi kembangkanlah akses networking kalian. Karena, itu lebih daripada aset. Maka, bergaulah dan carilah jaringan networking seluas mungkin,” ujarnya.

Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menempuh Pendidikan di ITL Trisakti dan berharap atas kesuksesan semuanya kelak di masa mendatang.

“Semua mahasiswa pada kali ini tentunya kalian akan lulus, dan ada tiga jenis lulusan yang akan kalian pilih. Pertama, adalah professional. Yaitu, mereka yang mengisi lapangan kerja yang telah ada. Kedua, adalah para scientist atau peneliti. Yaitu, mereka yang mengembangkan ilmu pengetahuan, Dan yang ketiga, entrepreneur. Yaitu, mereka yang menciptakan lapangan kerja,” tegas Kadarsyah.

”secara global saat ini terjadi transportasi digital besar besaran. Salah satu contohnya adalah  globalisasi. Banyak perusahaan yang ingin meningkatkan pendapatannya dengan menggunakan teknologi digital. Lalu, ada peningkatan iCommers dan semakin besarnya arus urbanisasi serta aging population. Oleh karena itu, para wisudawan saya kira era digital sudah ada di depa mata. Itu merupakan sebuah renungan untuk kalian dan saya yakin kalian semua sudah siap menghadapinya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Umar Aris mengingatkan kepada wisudawan bahwa transportasi merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini tantangan perbaikan infrastruktur untuk menurunkan biaya logistik nasional serta isu pemanasan global untuk menurunkan efek emisi rumah kaca guna menciptakan energi yang terbarukan, merupakan isu besar yang harus dihadapi oleh kita semua.

“Pembangunan infrastruktur transportasi guna menekan biaya logistik nasional serta isu menurunkan pemanasan global guna menciptakan energi terbarukan pada sektor transportasi menjadi tantangan bagi kampus ITL Trisakti. Kementerian Perhubungan sangat mendukung upaya ITL Trisakti menjadi the world class and entrepreneurship university, papar Umar.

“Kolaborasi terus dilakukan oleh Kemenhub dalam mendorong pembangunan sumber daya manusia pada sektor transportasi dan logistik, sehingga kami terus berkolaborasi dengan ITL Trisakti yang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah translog nasional. Khusus para wisudawan, saya berharap agar saudara dapat menjadi insan tangguh di garda terdepan dalam menghadapi permasalahan dan tantangan global sehingga dapat mewujudkan pelayanan transportasi dan logistik yang handal di tengah globalisasi, pungkas Umar.

Wisuda onsite perdana pasca pandemi terdiri dari :

1. Jenjang Pendidikan Pascasarjana (S-2) Program Studi Magister Manajemen Transportasi, sebanyak 133

2. Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Manajemen dan Bisnis

Program Studi Manajemen sebanyak 716 Orang, dengan program kekhususan ;

a. Kelas Internasional 21 orang.

b. Konsentrasi Manajemen Transportasi Udara 258 orang.

c. Konsentrasi Manajemen Transportasi Darat 71 orang.

d. Konsentrasi Manajemen Transportasi Laut 152 orang.

e. Konsentrasi Manajemen Logistik 214 orang

3. Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Sistem Transportasi dan Logistik sebanyak 131 orang, dengan program studi :

a. Prodi Sistem Transpotasi 44 orang.

b. Prodi Sistem Logistik 87 orang.

4. Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Teknik Transportasi dan logistik sebanyak 119 orang, dengan program studi :

a. Program Studi Teknik Dirgantara 48 orang.

b. Program Studi Teknik Kelautan 29 orang

c. Program Studi Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan 42 orang

5. Jenjang Pendidikan Vokasi (D.III) sebanyak 63 mahasiswa, dengan rincian program studi :

a. Program Pendidikan Manajemen Transportasi Udara 24 orang.

b. Program Pendidikan Manajemen Transportasi Laut 20 orang.

c. Program Pendidikan Manajemen Logistik dan Material 19 orang.

Terpopuler

To Top