UNJ Gelar Virtual Research Expo dan Peluncuran 11 Center of Excellence

man-headphones

UNJ Gelar Virtual Research Expo dan Peluncuran 11 Center of Excellence.

CN, JAKARTA - Dalam rangka pencapaian visi UNJ menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia, UNJ terus melakukan berbagai program unggulan. Salah satu program untuk mendukung visi tersebut adalah mengembangkan berbagai produk inovasi berbasis riset unggulan dan bereputasi dalam bentuk kegiatan Virtual Research Expo dan peluncuran 11 Center of Excellence.

Peluncuran sebelas Center of Excellence  dilakukan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-58 melalui Virtual Research Expo dan LPPM Award tahun 2022. Penyuguhan yang berbeda dilakukan pada tahun 2022 melalui hybrid secara tatap muka, zoom, dan live streaming kanal YouTube Edura TV.

Dalam sambutanny, Harini Yaniar,S.Si., M.Kom selaku Plt Direktur Manajemen Kekayaan Intelektual BRIN yang mewakili Kepala BRIN, mengatakan bahwa Virtual Research Expo UNJ ini sebagai komitmen UNJ untuk memajukan berbagai hasil dan produk riset serta inovasi untuk kemajuan bangsa.

Pusat Unggulan Ipteks (PUI) atau Center of Excellence yang diluncurkan adalah Pusat Pengembangan Media Digital; Pusat Pengembangan E-Assesment; Pusat Pengembangan STEAM Education; Pusat Pengembangan Teknologi; Pengolah Sampah; Pusat Pengembangan Material Maju; Pusat Pengembangan Robot Pembelajaran; Pusat Pengembangan Kosmetik; Pusat Pengembangan Teknologi Deteksi Bakteri Patogen; Pusat Pengembangan Teknologi Olahraga; Pusat Pengembangan Gizi Kesehatan Olahraga; serta Pusat Pengembangan Wisata Edukasi.

"Peluncuran Center of Excellence ini membuktikan bahwa UNJ siap berdaya saing dalam produk penelitian yang unggul, kreatif, dan inovatif," kata  Ketua LPPM UNJ, Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si, di Gedung UNJ, Rabu (15/6/2022).

Dalam kegiatan Virtual Research Expo dan Peluncuran Center of Excellence tahun 2022 ditampilkan berbagai produk unggulan hasil hilirisasi penelitian dosen UNJ beberapa di antaranya prototipe nurse robot untuk membantu perawat dalam pemberian obat, mobile learning untuk pembelajaran, metode/alat untuk deteksi bakteri keracunanan pangan, teknologi tangki pembilasan air, kosmetik bahan alam, dan produk penelitian lainnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Komarudin, M.Si, menyampaikan melalui produk penelitian yang inovatif, kreatif, dan unggul dapat mewujudkan perguruan tinggi yang mumpuni sekaligus berbasis pada pusat pengembangan ilmu pengetahuan serta sumber daya manusia sehingga peran UNJ dalam dunia usaha, dunia industri, masyarakat maupun pemerintah semakin nyata.

"Semoga kegiatan Virtual Research Expo dan peluncuran Center of Excellence tahun 2022 dapat meningkatkan produk penelitian dosen UNJ sehingga memperkuat pencapaian visi," ujarnya.

Sekretaris LPPM UNJ Dr. Iwan Sugihartono  menambahkan pada kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan dalam bentuk LPPM UNJ Award tahun 2022, yang terdiri dari berbagai kategori dalam bidang Publikasi Terbanyak Fakultas dan Individu, Penelitian Terbanyak Fakultas Sumber Dana DRPM Kemendikbudristek, HKI Terbanyak Fakultas, Sitasi Terbanyak Individu, Penghargaan Jurnal OJS UNJ (Terindeks Sinta 2) Tahun 2021, Apresiasi Prodi Terbaik Sinta Tahun 2021, HKI Terbanyak Fakultas dan Individu, Sitasi Terbanyak, serta Poster dan Video terbaik untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (*)
 

Terpopuler

To Top