Wihara Ekayana Arama Merayakan Hari Kathina 2016 di Hadiri 2400 Umat Buddha

man-headphones

CN, Jakarta - Sebanyak 2400 umat Buddha dari Jakarta dan diluar Jakarta menghadiri Perayaan Hari Kathina tahun 2016 berlangsung di Wihara Ekayana Arama, Jakarta, Minggu (23/10/2016).

Bertemakan, 'Melalui Sanghadana Penuh Berkah, Kita Berlatih Peduli dan Tidak Melekat', para umat sangat bahagia mengikuti rangkaian acara yang diawali dengan pindapata, ritual pemberian dana makanan para biksu-biksuni yang membawa mangkuk-makan berjalan menghampiri para umat. Setelah pindapata, acara utama adalah Sanghadana, persembahan dana jubah dan kebutuhan pokok lainnya kepada Sangha, komunitas para biksu-biksuni. 

"Umat Buddha percaya, berdana yang dilakukan dengan setulus hati, tidak hanya akan mendatangkan kebahagiaan bagi diri mereka sendiri melainkan juga kebahagiaan bagi semua makhluk," kata Juru bicara Wihara Ekayana Arama, Bhante Nyana Gupta saat jumpa pers di Wihara Ekayana Arama, Jakarta.

Bhante Nyana Gupta menjelaskan, Hari Kathina merupakan hari umat Buddha mewujudkan rasa bakti kepada para biksu-biksuni Sangha yang telah memberikan bimbingan hidup baik dan benar. Masa perayaan Kathina sendiri berlangsung selama satu bulan antara Oktober hingga November.

"Bulan Kathina menandakan selesainya masa para biksu-biksuni berdiam selama tiga bulan saat musim hujan di India. Berdiam di Wihara tertentu para biksu tidak bepergian jika tidak benar-benar perlu. Di masa lalu tujuan dari tidak bepergian tersebut guna menghindari terinjaknya tunas-tunas tanaman muda ataupun hewan-hewan kecil. Di masa kini berdiam di Wihara tertentu dimanfaatkan untuk meningkatkan latihan meditasi," ungkap Bhante Nyana Gupta.

Sebelum Perayaan Hari Kathina, Wihara Ekayana Arama juga telah mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya adalah "Peace Walk" pada hari Sabtu 8 Oktober 2016 di Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk. Kemudian pada hari Sabtu 15 Oktober 2016, Wihara Ekayana Arama menggelar acara "Keceriaan di Bulan Purnama". Acara ini berlangsung meriah dengan adanya hiasan lampion, nonton bersama film tentang Buddha, bazaar makanan vegetarian.

Terpopuler

To Top