Penghentian Sementara GeNose Akan Berdampak Pada Sektor Transportasi Dan Pariwisata

man-headphones

Masyarakat memanfaatkan GeNose sebagai alat tes Covid-19

CN, Jakarta - Kehadiran GeNose sebagai alat tes Covid-19 disektor transportasi umum telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Harga tes GeNose yang terjangkau dibandingkan tes Swab Antigen bisa dirasakan oleh masyarakat diberbagai lapisan, dan menjadi bukti bahwa negara hadir untuk semua rakyat.

“Ketika Genose ditiadakan, yang paling terpukul sebenarnya rakyat kecil juga, yang tetap harus beraktivitas untuk mencari nafkah meskipun pandemi masih seperti sekarang,” demikian diungkapkan Anggota Komisi VII DPR RI Adian Napitupulu di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Adian menjelaskan, GeNose merupakan alat uji yang paling murah dengan akurasi yang teruji, dan ijin edarnya dikeluarkan Kemenkes. Dengan demikian maka GeNose bisa dijangkau oleh beragam kalangan namun disisi lain membantu negara untuk melakukan identifikasi mereka yang terkena covid 19 dengan cepat dan murah.

“Uji validitas alat medis tidak sederhana. Seringkali masalah valid atau tidaknya alat medis juga di pengaruhi oleh terpenuhi tidaknya syarat-syarat dari mereka yang diuji serta pelaksana uji itu sendiri.” tegasnya.

Adian menjelaskan, menghentikan penggunaan genose akan membuat kesehatan hanya menjadi milik orang-orang kaya yang mampu membayar mahal hanya untuk tes saja. 

“Sederhananya GeNose menjawab kebutuhan Rakyat dan Negara,” ujarnya.

Adian menambahkan, sebaiknya GeNose maupun segala bentuk dan jenis alat tes lainnya dibiarkan untuk digunakan masyarakat dengan catatan selama alat itu memenuhi standar sehingga rakyat bisa punya pilihan yang lebih beragam. Penghentian sementara GeNose justru akan membuat perjalanan biaya tinggi dan mempengaruhi mobilitas manusia yang bisa memukul perekonomian dibidang transportasi maupun pariwisata dan sektor lainnya.

“Usul saya Genose tidak hanya di gunakan di Bandara atau Stasiun tapi juga di Terminal, Pasar, Mall, Kelurahan, dan berbagai tempat umum sehingga akses Masyarakat untuk melakukan deteksi dini terhadap covid 19 semakin terbuka dengan harga yang juga terjangkau,” pungkas Adian.

Terpopuler

To Top