Anak Sebagai Buah Hati Keluarga dan Generasi Bangsa Perlu di Jaga Dengan Baik

man-headphones

foto: Mardi Yusuf Seorang ASN.

CN, JAKARTA - Perlu adanya kerjasama aparat penegak hukum bersama masyarakat untuk menjaga dan mengawasi lingkungan dan fasilitas umum tempat bermain anak. Hal ini terkait adanya kasus percobaan penculikan anak di beberapa kota akhir-akhir ini.

"Sebagai orangtua saya sangat prihatin adanya kasus percobaan penculikan dan tindak kekerasan terhadap anak belakangan ini. Masyarakat dibantu aparat penegak hukum harus mengawasi secara ketat lingkungannya," kata Mardi Yusuf, seorang ASN dikawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (30/7).

Mardi Yusuf mengungkapkan dari media massa maupun dari sosial media kita banyak mendengar, membaca, atau melihat perbuatan orangtua terhadap anak-anak mereka. Mereka sama sekali tidak mengikuti perkembangan anak mereka.

"Ada sikap orangtua yang kurang peduli, tidak bijak, pilih kasih, menyibukkan diri, membiarkan anak-anak berbuat sesukanya sehingga lemahnya pengawasan terhadap anak," tuturnya.

Mardi Yusuf berharap kasus-kasus penculikan dan tindak kekerasan anak tidak lagi terjadi. Pada Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak tertulis

a.bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kesejahteraan tiap-tiap warga negaranya, termasuk perlindungan terhadap hak anak yang merupakan hak asasi manusia;

b.bahwa anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya;

c.bahwa anak adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan.

"Sudah seharusnya kita menjaga anak-anak dengan sebaik-baiknya. Selain anak adalah buah hati orangtua juga sebagai generasi penerus bangsa. Dan bagi pelaku penculikan dan tindak kekerasan pada anak harus di berikan hukuman setimpal yang memberikan efek jera," tutup Mardi Yusuf. (*)

 

Terpopuler

To Top