Pola Aktivitas Masyarakat Dimasa Pandemi Covid 19 Bisa Jadi Peluang Bisnis Dengan Strategi Baru

man-headphones

CN, Jakarta - Dampak pandemi Covid-19 telah mengubah pola aktivitas masyarakat jadi lebih terpusat di rumah berkat kebijakan pembatasan fisik dan sosial. “Belum lagi dengan adanya pembatasan lalu lintas antar kota maupun antar negara,” demikian diungkapkan Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria dalam diskusi virtual Maybank Indonesia Webinar Economic Outlook 2020 di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Webinar dengan mengangkat tema “Turning Pandemic into Opportunity”, diikuti lebih dari 1,200 peserta yang terdiri dari nasabah setia, pemerhati perbankan dan media massa, dengan menghadirkan pembicara utama Staf Khusus II Kementrian BUMN Prof. Dr. Mohammad Ikhsan serta para narasumber yang juga pebisnis antara lain CEO PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius, CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, CEO, Blibli.com yang mewakili bidang ritel dan e-commerce, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, dan CEO DANA, Vincent Iswara, mewakili bidang jasa keuangan dan pembayaran.

Menurut Tazwin, pandemi Covid-19 telah menghambat aktivitas perdagangan, supply chain, distribusi produk dan jasa di hampir semua industri. “Menginjak era new normal, survival bisnis sangat bergantung pada kemampuan dan kecepatannya untuk beradaptasi dengan kondisi pasar agar dapat mempertahankan kelangsungan, produktivitas maupun menjaga profitabilitas bisnis,” tutur Tazwin.

Tazwin menjelaskan, bahwa adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang ditanggapi sebagai peluang positif dan menjadi strategi baru yang efektif untuk menghadapi pasar era adaptasi kebiasaan baru yang rentan selama pandemi. “Masih banyak peluang yang muncul di masa pandemi yang dapat dioptimalkan oleh berbagai bisnis di Indonesia yang akhirnya bisa menjadi katalisator dalam menggerakkan kembali perekonomian dalam negeri,” ujarnya. 

Diskusi virtual juga diisi dengan sharing pengalaman dan insights melalui paparan singkat para pelaku usaha dari berbagai bidang yaitu ritel, e-commerce, dan jasa keuangan yang telah mampu mengubah pandemi menjadi peluang bisnis. Maybank Indonesia berharap para pelaku usaha dan nasabah Maybank untuk dapat menggali ide dan gagasan dalam rangka menyusun strategi bisnis yang dapat diterapkan secara efektif.

Terpopuler

To Top