Kemensos Salurkan Bansos Sembako Untuk Penyandang Disabilitas Di Tangerang

man-headphones

foto: dok. Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial.

CN, TANGERANG – Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial Eva Rahmi Kasim menyalurkan 554 paket  bantuan sosial sembako bagi penyandang disabilitas (PD) yang terdampak Covid-19 di Kota Tangerang, Banten, (26/6).

Dari 554 paket sembako tersebut, 22 paket diberikan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Yayasan Difabel Mandiri Indonesia (YDMI), 60 paket untuk Gerakan untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), 375 paket untuk LKS ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) Lentera Edelweis, dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang sejumlah 9 paket.

Bansos sembako secara simbolis diserahkan oleh Eva Kasim didampingi Kepala Dinsos Tangerang, Suli Rosadi serta Kepala Sub Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik, Erniyanto di kantor Dinsos Tangerang. Adapun paket sembako yang diberikan berupa mie instan, biskuit, sarden, minyak goreng, susu kaleng, beras, dan sabun mandi.

“Bansos sembako ini bersumber dari refocusing anggaran Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, sebagai bentuk tanggung jawab melaksanakan mandat dari Presiden serta Menteri Sosial RI, untuk memastikan negara hadir membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,khususnya di Tangerang ini," ujar Eva.

"Bansos diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak Covid-19," tambahnya.

Eva berharap LKS PD bisa bekerja sama  dalam pendataan penyandang disabilitas dengan melaporkan daftar anggotanya melalui Dinsos Tangerang. Data tersebut penting sebagai salah satu dasar membuat perencanaan program/kebijakan pemerintah khususnya untuk para penyandang disabilitas.

Selanjutnya, Eva berpesan  agar penyandang disabilitas dan masyarakat Tangerang  tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan walaupun masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi Covid-19 di Tangerang segera berakhir.

Kepala Dinsos Tangerang, Suli Rosadi menyampaikan terima kasih warga Tangerang khususnya penyandang disabilitas atas perhatian dan kepedulian kemensos  melalui bansos yang disalurkan saat ini.

“Bansos yang sudah diterima dari kemensos sekitar 89 ribuan, disalurkan ke warga terdampak Covid-19 di 7 kecamatan di wilayah Tangerang. Pemerintah ingin semua bantuan sosial bisa tersalurkan, terima kasih dengan kehadiran ibu Direktur dan jajarannya, semoga bisa membawa manfaat bagi warga Tangerang umumnya, para penerima bansos khususnya,” ujar Suli.

Perwakilan penerima bantuan, Erna dari YDMI dan Sarmaida Sitanggang dari  Lentera Edelweiss mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada kemensos atas bantuan yang diberikan, sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya di masa pandemik Covid-19 ini. (*)
 

Terpopuler

To Top