Mahasiswa Universitas Pertamina Borong Juara di Ajang Oil and Gas Intellectual Parade 2020

man-headphones

Foto: dok. Universitas Pertamina

CN, JAKARTA - Kabar bahagia datang dari Prodi Teknik Geologi dan Teknik Perminyakan Universitas Pertamina. Tiga tim mahasiswa berhasil meraih juara pertama, kedua, dan ketiga dalam kompetisi Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta pada tanggal 16 – 18 Januari 2020.

OGIP (Oil and Gas Intellectual Parade) 2020 merupakan acara tahunan bertaraf internasional yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang berkolaborasi dengan SPE SC, IATMI SM, dan API SM UPN “Veteran”. Acara ini juga menggelar berbagai kompetisi di bidang minyak dan gas. Universitas Pertamina sendiri mengirim delegasi 3 tim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi pada kategori International Plan of Development Competition, International Smart Competition, dan International Reservoir Simulation Competition.

Tim Universitas Pertamina yang mengikuti kompetisi International Plan of Development Competition beranggotakan mahasiswa program studi (prodi) Teknik Perminyakan angkatan tahun 2016 di antaranya Edrian Surya Wibisono, Muhammad Farhantio Zaini, Ignatius Wahyu Aji W, dan Vini Nandi Rahma (angkatan tahun 2017); serta mahasiswa prodi Teknik Geologi angkatan tahun 2016 yaitu Alfie Fitrahadi K. Tim Universitas Pertamina melakukan analisis terkait proses pengembangan suatu lapangan minyak di antaranya analisis geologi, prediksi produksi, hingga peralatan yang dibutuhkan untuk produksi, CSR, dan HSE berdasarkan panduan SKK migas. Hasil akhir analisis ini berbentuk laporan yang kemudian dipresentasikan. Atas analisis mereka, tim berhasil meraih juara pertama mengungguli Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Cepu dan Universitas Islam Riau.

Tim Universitas Pertamina yang mengikuti kompetisi International Smart Competition beranggotakan mahasiswa prodi Teknik Perminyakan angkatan tahun 2017 di antaranya Muhammad Rafi, M. Kinan Fadrian, dan Hana Oktavia Megadewi. Kompetisi ini mengadu wawasan dan pengetahuan tentang minyak bumi dan industri geothermal antara tim. Tim Universitas Pertamina berhasil meraih juara kedua. Juara pertama dan ketiga diraih tim dari Institut Teknologi Bandung.
Tim Universitas Pertamina yang mengikuti kompetisi International Reservoir Simulation Competition beranggotakan mahasiswa prodi Teknik Perminyakan angkatan tahun 2016 diantaranya Prima Adhi Surya, Aldi Adzan Fauzan Ridwan, dan Yudistira Akbar.

Kompetisi ini terkait simulasi yang dilakukan pada lapisan batuan reservoir untuk melihat potensinya dalam menampung dan mengalirkan hidrokarbon. Atas prototype yang disimulasikan, tim Universitas Pertamina berhasil meraih juara ketiga setelah Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sains Bandung.

Prof. Dr. rer. nat. Awali Priyono, selaku Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi Universitas Pertamina turut bangga atas prestasi internasional yang diraih Tim Mahasiswa Universitas Pertamina.

“Kompetisi migas ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa kami. Ilmu yang mereka terima dibangku kuliah dihadapkan pada tantangan permasalahan dari para juri. Sehingga memicu mereka untuk menghasilkan ide solutif yang menjadi jawaban atas permasalahan tersebut” tuturnya. (*)
 

Terpopuler

To Top