Mensos Tinjau Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir di Gedung Cawang Kencana

man-headphones

Kemensos bentuk Posko Induk Penanggulangan Bencana.

CN, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus tingkatkan kesiagaan terhadap dampak bencana banjir dan longsor dengan menyiapkan bantuan logistik terkait dengan cuaca ekstrim yang masih berlangsung sampai awal Februari 2020. Oleh sebab itu Kemensos membentuk Posko Induk Penanggulangan Bencana yang terletak di Gedung Cawang Kencana, Cawang, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan ini Mensos RI, Juliari P Batubara meninjau Posko Induk Penanggulangan Bencana, Jumat (10/1/2020). Mensos mengatakan, posko induk itu didirikan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Saya harapkan semua pihak meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana. Termasuk Kemensos juga harus siaga. Sesuai arahan Presiden pula, agar negara hadir membantu masyarakat yang terdampak bencana," kata Juliari P Batubara.

Lebih lanjut Mensos mengatakan Posko Induk merupakan bukti kesiagaan dan kesiapan Kemensos merespon bencana banjir yang melanda sejumlah daerah. Keberadaan posko ini untuk lebih memaksimalkan respon terhadap penanganan bencana, terutama di dampak dari bencana banjir yang baru-baru ini terjadi.

"Kesiagaan terhadap bencana sesungguhnya, telah disiapkan Kemensos dengan keberadaan tiga Gudang Logistik Regional, di Bekasi, Makassar, serta Palembang. Karenanya, keberadaan posko ini juga sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana lanjutan," jelas Mensos.

Diungkapkan oleh Mensos merujuk kepada prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang menyatakan kemungkinan hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi pada beberapa pekan ke depan.

Posko ini dijelaskan Mensos untuk melayani berbagai elemen masyarakat, baik itu dunia usaha, yayasan, lembaga swadaya masyarakat, serta elemen masyarakat lain yang ingin menyalurkan bantuan, bisa menghubungi posko ini.

"Silakan masyarakat yang berniat menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir menyampaikan bantuannya ke sini. Kami menjamin akan menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tutur Mensos.

Pada kesempatan sama, Kemensos juga menerima bantuan untuk masyarakat terdampak banjir dari kelompok usaha Sinar Mas Grup. Bantuan logistik itu berupa air mineral sebanyak 350 karton dan biskuit sebanyak 300 karton.

Selain itu bantuan dunia usaha juga datang dari Wings Grup yang menyediakan mesin cuci gratis dalam rangka mengurangi beban warga yang terdampak bencana banjir akan pakaian bersih dan terbebas dari kuman. (*)

 

Terpopuler

To Top