Mensos Pastikan ASN Di Lingkungan Kementeriannya Berkarakter Pancasila

man-headphones

Mensos RI Juliari P. Batubara

CN, JAKARTA - Presiden ke-5 RI dan juga sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menghadiri kegiatan workshop wawasan kebangsaan untuk PNS di lingkungan Kemensos tentang Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata, Jakarta, Senin (9/12).

Dalam sambutannya Megawati Soekarnoputri menyampaikan Internalisasi dan Pembumian Pancasila dikalangan PNS sangat penting untuk mengantisipasi masuknya faham-faham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Megawati mengingatkan bahwa perang ideologi untuk menggantikan Pancasila masih terus terjadi. Oleh karena itu, kata Megawati, sangat penting untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Megawati Soekarnoputri mengatakan dalam rangka aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara yang terencana, sistematis, dan terpadu.

Menurutnya Negara kuat jika Pancasila diajarkan mulai dari keluarga bahkan sejak kecil, karena Pancasila adalah dasar negara dan kehidupan masyarakat harus terus dipersatukan agar bisa menjaga keutuhan negara.

Megawati juga menyampaikan tentang perjuangan tokoh proklamator Soekarno yang berjuang untuk Indonesia dan Pancasila.

Dalam kesempatan ini Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P. Batubara mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai motor penggerak dari pemerintahan dituntut untuk meningkatkan kualitas akan tetapi juga harus berkarakter Pancasila.

"Kegiatan workshop wawasan kebangsaan tentang Internalisasi dan Pembumian Pancasila yang kita selenggarakan ini untuk mengingatkan kembali dan memastikan kembali bahwa ASN di lingkungan Kementerian Sosial adalah ASN yang berkarakter Pancasila," kata Mensos Juliari P. Batubara.

Mensos juga mengajak semua elemen bangsa bersama-sama menumbuh kembangkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. (*)

Terpopuler

To Top