Car Free Night Malam Tahun Baru Di Puncak, Masyarakat Diimbau Berangkat Awal

man-headphones

CN, Jakarta - Terkait rencana pelaksanaan Car Free Night (CFN) selama malam tahun Baru dari Polres Bogor, Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat yang akan berlibur di Puncak agar memperhatikan jadwal penutupan jalan dan berangkat lebih awal jika memang ingin berlibur ke kawasan wisata di Puncak. “Pada CFN tersebut, Polres Bogor akan menutup Jalan Raya Puncak dengan pemasangan road barriersebanyak 6 lapis yaitu di Pos Interchange 1 B, SPBU Patung Ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari, dan Gunung Mas. Setelah itu menjelang siang akan diberlakukan one waydari atas ke bawah,” demikian diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta, Minggu (8/12/2019).

CFN rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (31/12) sampai Rabu (1/1), mulai dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB.

Menurut Dirjen Budi, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Polres Bogor, bahwa penutupan arus lalu lintas di jalur puncak adalah salah satu upaya dari Satlantas Polres Bogor untuk menghindari kelebihan beban kendaraan yang akan merayakan Tahun baru di jalur Puncak. “Pada masa liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru, terjadi lonjakan arus lalu lintas. Oleh karena itu rekayasa lalu lintas yang tepat adalah dengan rekayasa one way. Dengan one waymaka kapasitas jalan menjadi lebih besar guna menampung arus kendaraan dari bawah maupun dari atas. Sistem ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Polres Bogor dan terbukti efektif, hanya saja perlu diperhatikan sosialisasinya agar masyarakat tahu dan siap melaksanakan jadwal buka tutup tersebut,” tambah Dirjen Budi.

Dirjen Budi juga mengimbau Polres Bogor untuk mempersiapkan skema evakuasi jika terjadi kepadatan di jalur puncak dan harus mengalihkan kendaraan ke rute lain.

Terpopuler

To Top