Pemerintah Lakukan Pembinaan Dan Pendampingan Untuk Menjadikan Litbang Unggulan

man-headphones

(tengah) Plt.Direktur Kawasan Science Techno Park dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemristek/BRIN Kemal Prihatman.

CN, JAKARTA - Penyelenggaraan Indonesia Innovation Day (IID) yang digelar setiap tahunnya khususnya di bidang keanekaragaman hayati banyak menarik perhatian masyarakat dunia.

Indonesia Innovation Day merupakan kegiatan diseminasi dan penguatan jaringan kerja sama bisnis dan riset tingkat internasional yang meliputi gelar produk, business matchmaking dan presentasi produk.

Pelaksana tugas Direktur Kawasan Science Techno Park dan Lembaga Penunjang Lainnya Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kemal Prihatman mengatakan pemerintah melakukan pembinaan dan pendampingan untuk menghindari tumpang tindih penelitian dan menjadikan Litbang Unggulan.

Menurut Kemal Prihatman, diharapkan litbang tidak hanya mengejar pasar lokal tetapi litbang harus bisa menembus pasar dunia.

"Agar menjadi litbang unggulan, pemerintah melakukan pembinaan dan pendampingan supaya tidak terjadi tumpang tindih penelitian," ungkap Kemal Prihatman pada acara Media Gathering  Forum Wartawan Teknologi dan Inovasi (Forwatekin) di Bogor, Sabtu (7/12).

Lebih lanjut Kemal Prihatman menjelaskan dari 300 lembaga litbang yang ada lanjutnya, 137 sudah ditetapkan menjadi PUI. Kemudian Science Techno Park (STP) di Indonesia saat ini ada 46, 19 di antaranya dibina oleh Kemristek. Dari 137 P terdiri dari tujuh badan usaha, 54 lembaga pemerintah kementerian, 49 lembaga pemerintah nonkementerian dan 28 perguruan tinggi. (*)

 

Terpopuler

To Top