Dokter Spesialis Mata KMN dr. Rien Widyasari: Katarak Bisa Menyerang Segala Usia

man-headphones

Dokter Spesialis Mata, Klinik Mata Nusantara, dr. Rien Widyasari, Sp.M.

CN, JAKARTA - Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal.

Seiring waktu, katarak akan memburuk dan memunculkan sejumlah gejala diantaranya; pandangan samar dan berkabut, mata semakin sensitif saat melihat cahaya yang menyilaukan, melihat lingkaran cahaya di sekeliling sumber cahaya dan sulit melihat dengan jelas saat malam hari.

Berdasarkan info Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sekitar 250.000 penderita katarak tumbuh per tahunnya di Tanah Air. Dari jumlah tersebut, masih banyak sejumlah pasien yang belum mampu diobati.

Dokter Spesialis Mata, Klinik Mata Nusantara, dr. Rien Widyasari, Sp.M mengatakan katarak tidak bisa dicegah karena terkait dengan usia.

Menurut dr. Rien Widyasari saat ini katarak merupakan penyebab utama kebutaan di Indonesia dan di seluruh dunia. Tiap tahun dilaporkan adanya peningkatan jumlah kasus katarak.

"Oleh karena itu sebaiknya kita bisa menjaga kesehatan tubuh sendiri agar katarak tidak terlalu cepat terjadi, misalnya jika kondisi ada penyakit gula maka kita harus perbaiki," kata dr. Rien Widyasari, Sp.M saat acara seminar 'Katarak Bisa Menyerang Siapa Saja, Termasuk Anak-Anak' berlangsung di Swiss-Belinn Hotel TB Simatupang Jakarta, Kamis (28/11).

Lebih lanjut dr. Rien Widyasari menambahkan katarak tidak hanya dialami oleh para lanjut usia, anak-anak pun bisa mengalami katarak yang disebabkan bawaan sejak lahir karena adanya gangguan metabolisme yang menyebabkan lensa terbentuk tidak sempurna.

"Katarak itu tidak ada obatnya, sehingga baik orang dewasa, manula atau anak-anak harus menjalani operasi katarak," ungkapnya.

dr Rien Widyasari mengungkapkan operasi katarak, seperti halnya operasi lainnya, tidak terlepas dari risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Disampaikannya, KMN EyeCare menggunakan tolok ukur internasional untuk memantau mutu operasi kataraknya. Tajam penglihatan pasien pasca operasi katarak di KMN EyeCare dari tahun ke tahun senantiasa lebih baik dari yang ditentukan.

"Di KMN EyeCare, para pasien merupakan prioritas utama. Operasi katarak yang dapat dilakukan sejak tahap katarak yang paling awal sehingga penglihatan pasien dapat kembali sepenuhnya," tutur dr. Rien Widyasari. (*)

Terpopuler

To Top