FTUI Expo Hadir Di Pondok Indah Mall II

man-headphones

CN, Jakarta - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) hadir di Pondok Indah Mall Jakarta untuk menyapa masyarakat melalui karya-karya yang dipamerkan dalam rangka HUT ke 55 FTUI. Menampilkan sejumlah karya-karya terbaik mahasiswa dan dosen FTUI, semua dapat dilihat langsung oleh masyarakat dalam FTUI Expo di Pondok Indah Mall II pada 7-10 November 2019.

Salah satu karya yang dipamerkan di PIM adalah seperti tablet degasser yang berfungsi untuk menghilangkan gas hidrogen yang terlarut di dalam aluminium cair dalam proses pengecoran aluminum sehingga dihasilkan produk yang bebas cacat porositas. 

Produk ini sudah pernah diuji coba di industri kecil di Jawa Barat. Uji coba tersebut berhasil dengan baik sehigga di harapkan jika ada industri yang tertarik menggunakannya, FTUI siap memproduksi lebih banyak. 

Ada juga produk alfluks yang berfungsi untuk menghilangkan pengotor dalam pengecoran aluminium. Selama ini, Indonesia masih mengandalkan impor atas produk sejenis fluks.  

Produk fluks ini masih dalam pengembangan dan uji coba dosen dan mahasiwa FTUI, tetapi kedepan diharapkan bisa diproduksi di Indonesia agar dapat membantu negara mengurangi impor.  

Baik produk tablet degasser maupun fluk ternyata sebagian besar berbahan baku lokal (local content) sehingga jika produk ini dapat diproduksi, akan memberi dampak ganda terhadap industri.  

Salah satu temuan besar FTUI lainnya adalah teknologi Ice Slurry Generator yakni mesin pengubah air laut menjadi bubur es temuan Dr. Agus S. Pamitrab, S.T., M.Eng. 

Mesin ini sudah bisa diproduksi. Harganya cukup hemat dibandingkan dengan impor. Menurut FTUI, produk ini dapat meningkatkan kualitas hasil tangkapan nelayan. 

FTUI juga memamerkan prototipe model bangunan tahan gempa karya mahasiswa yang diikut lombakan dalam lomba karya mahasiswa se-Indonesia dimana karya mahasiswa FTUI memenangi lomba tersebut.  

Selain itu, juga dipamerkan produk beton ramah lingkungan yang telah diuji coba. Beton tersebut berbahan baku cangkang kelapa sawit untuk mensubstituasi 100 persen penggunaan agregat kasar dalam pembuatan beton. Sedangkan beton yang berbahan baku limbah plastik dapat digunakan sebagai pengganti agregat kasar pada beton. 

Bagi anda yang penasaran terhadap hasil penemuan-penemuan ilmiah dan produk hasil  karya FTUI  silahkan kunjungi FTUI Expo di Pondok Indah Mall II pada 7-10 November 2019.

Terpopuler

To Top