RSAB Harapan Kita Akan Operasi Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan

man-headphones

Foto: Istimewa

CN, JAKARTA - Rumah Sakit Anak Dan Bunda (RSAB) Harapan Kita Jakarta melaksanakan operasi pemisahan bayi kembar siam, Ardi dan Ardan.

Dalam konferensi pers di RSAB Harapan Kita Jakarta, Direktur RSAB Harapan Kita Dr Didi Danukusumo mengatakan operasi ini akan dilakukan pada Sabtu 16 November dengan melibatkan 30 dokter spesialis dari berbagai rumah sakit.

Dijelaskannya, RSAB Harapan Kita dibantu oleh tenaga medis spesialis dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RSCM, Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto Jakarta. "Ardi dan Ardan merupakan kembar siam berupa dempet perut, utamanya organ hati. Mereka berasal dari Tangerang, Banten," kata Direktur RSAB Harapan Kita Dr Didi Danukusumo, Senin (4/11).

Lebih lanjut ia mengatakan operasi kembar siam Ini perlu melibatkan banyak disiplin ilmu, tenaga medis, tenaga kesehatan serta tenaga perawat. "Jika berhasil maka operasi Ardi dan Ardan akan menjadi operasi keempat pemisahan kembar siam di RSAB Harapan Kita," kata Dr. Didi.

Direktur RSAB Harapan Kita Dr Didi Danukusumo mengungkapkan RSAB Harapan Kita telah melakukan operasi kepada bayi kembar siam dempet perut pada 1981. RSAB juga telah melakukan pemisahan bayi kembar siam dempet perut dan tulang dada tahun 2016 dan pemisahan bayi kembar siam dempet kepala pada 2017. (*)

Terpopuler

To Top