Direktur WDP Najamuddin Ramly: Karya Budaya Timbulkan Inspirasi Positif

man-headphones

(tengah) Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Najamuddin Ramly. (Foto: Ivan)

CN, JAKARTA - Karya budaya yang dihasilkan oleh seseorang atau pun komunitas kebudayaan, tidak terlepas dari nilai-nilai budaya masyarakat setempat. Semuanya mengandung makna, nilai filosofis yang dapat menimbulkan inspirasi baru, dan ini bersifat positif.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Najamuddin Ramly mengatakan nilai-nilai yang bersifat positif ini, memiliki dampak strategis terhadap pelestarian kebudayaan yang mencakup    perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan.

"Hal yang tidak kalah penting, adalah di balik sebuah karya, tersirat sosok atau pun tokoh yang memiliki komitmen kuat terhadap pewarisan nilai-nilai kebudayaan, baik yang tak benda maupun benda," kata Najamuddin Ramly saat konferensi pers diruang taklimat media, PKN di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (8/10).

Lebih lanjut Najamuddin Ramly mengatakan untuk membangun arti penting sebuah apresiasi baik dalam bentuk Anugerah Kebudayaan maupun penghargaan kepada Maestro Seni Tradisi, pendokumentasian dan penerbitan profil penerima Anugerah  Kebudayaan juga Maestro Seni Tradisi  sangat penting.

Menurutnya ini menjadi penanda dalam memaknai momen penghargaan bahwa kita memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia agar tetap mangakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens.

Dijelaskannya upaya menjaga komitmen ini, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui tugas fungsinya, di satu sisi akan mengusulkan nama-nama untuk dicalonkan sebagai penerima Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, untuk kelas Bintang, yaitu Bintang Mahaputera, Bintang Budaya Parama Dharma, dan kelas Satyalancana Kebudayaan, yang diteruskan ke Sekretariat Negara untuk dinilai oleh Dewan Tanda Kehormatan.

"Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu sendiri memiliki program dan Kegiatan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi," tutur Najamuddin Ramly. (*)

 

Terpopuler

To Top