Menko Puan Bersama Wapres Jusuf Kalla Ikuti General Debate SU PBB Di New York

man-headphones

Menko Puan Bersama Wapres Jusuf Kalla Ikuti General Debate SU PBB di New York. (Foto: Dok. Kemenko PMK).

CN, JAKARTA -- Delegasi Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla, selasa pagi waktu setempat, mengikuti Sesi Pembukaan General Debate Sidang Umum (SU) PBB ke 74 di Markas PBB di New York. Turut bersama Wapres, Menko PMK Puan Maharani dan Menlu Retno L. Marsudi.

General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-74 merupakan rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74. Tema General Debate kali ini ialah mendorong upaya kerjasama multilateral untuk pengentasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, aksi iklim dan inklusi.

Adapun isu-isu strategis yang diangkat adalah Aksi untuk Lingkungan Hidup, Kesetaraan Gender, Pemenuhan Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage), Revitalisasi PBB serta Pemuda, Perdamaian dan Keamanan. General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke 74 dipimpin Tijjani Muhammad-Bande, Presiden UNGA 74 dan diikuti oleh Kepala Negara atau perwakilannya dari seluruh dunia.

Terkait dengan tema General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-74, Pemerintah Indonesia mengapresiasi dan menekankan bahwa tema tersebut sangat tepat dan sesuai dengan realitas dunia saat ini.

Negara-negara anggota PBB perlu menguatkan upaya bersama dalam mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan. High Level Week Sidang Umum PBB harus disikapi sebagai momentum untuk meningkatkan komitmen politik di tingkat tertinggi untuk menghadapi perubahan iklim serta mendiskusikan skema pembiayaan inovatif untuk pembangunan berkelanjutan.

Indonesia akan terus berkomitmen untuk pencapaian kesetaraan dan keberlanjutan dalam pembangunan. Tujuh provinsi di Indonesia telah berhasil mencapai Jaminan Kesehatan Semesta, Indonesia juga telah berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi satu digit, serta meningkatkan angka partisipasi kehadiran secara signifikan di berbagai jenjang sekolah. (*)
 

Terpopuler

To Top