Berkembangnya Industri Spa Di Indonesia, Menko PMK Dorong Agar Mendunia

man-headphones

Menko PMK Puan Maharani. (Foto: dok.Kemenko PMK)

CN, JAKARTA -- Spa telah menjadi tren bukan hanya di kalangan selebriti tetapi juga para eksekutif, pelaku bisnis, dan siapa saja yang ingin merasakan perawatan santai. Semakin berkembangnya industri spa di Indonesia telah mendorong terciptanya entrepreneur baru di bidang Spa dan Wellness.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan bahwa sebagai bentuk dukungan terhadap industri spa, pemerintah terus memberikan pendampingan, pelatihan, dan pembinaan baik bagi organisasi profesi maupun industri.

Hal ini penting mengingat industri spa yang berkembang harus diimbangi dengan penyediaan produk yang sehat dan bermanfaat, sumber daya manusia yang terampil, serta kode etik profesi. Pembinaan kode etik profesi termasuk yang penting agar kualitas dalam aspek perawatan kesehatan dapat terjaga.

"Industri spa dan tourism yang berkembang dengan baik akan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya saat memberikan sambutan pada  Malam Anugerah Spa & Wellness Indonesia Tourism Award 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (9/9).

Puan meyakini dengan berbagai warisan budaya yang dimiliki Indonesia, industri spa akan memiliki potensi yang dapat terus berkembang maju. Melalui kegiatan malam anugerah itu diharapkan dapat memberikan motivasi dalam mengembangkan industri spa Indonesia yang mendunia.

Apalagi, spa bukanlah hal baru di Indonesia. Spa merupakan sistem penataan kesehatan warisan leluhur yang dilakukan dengan menggunakan media air dan didukung oleh pijat dan aroma terapi dari bahan-bahan alami.

Dari zaman dahulu, masyarakat Indonesia sangat senang mandi dengan air yang mengandung mineral atau belerang seperti di pemandian sumber air panas Tangkuban Perahu dan Ciater. Aktivitas itu dipercaya mampu menjaga kesehatan fisik serta menambah kecantikan.

"Spa & Wellness Tourism Indonesia tidak lepas dari budaya kesehatan Indonesia. Banyak hal yang dapat dilakukan setiap orang untuk menjaga dirinya dalam keadaan sehat, mulai pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, mengatur waktu istirahat, serta aktivitas fisik yang teratur," tutur Puan.

Pada Malam Anugerah Spa & Wellness Indonesia Tourism Award 2019, ia pun menyematkan mahkota dan selempang kepada Zahra Amalina dari Jawa Barat yang dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Spa 2019.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Mooryati Soedibyo oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Lalu, penganugerahan SDM spa oleh Kemenaker, dan penganugerahan 15 industri spa terbaik sesuai kategori diberikan oleh Menpar.

Menko PMK bersama Menpar, MenPPA, Annie, Wulan Tilaar, dan Ferry S turut terlibat dalam proses penilaian selaku dewan juri. (*)

 

Terpopuler

To Top