Tingkatkan Kualitas Hidup, Lakukan Aktivitas Fisik

man-headphones

(Tengah) Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.Kes. (Foto: Isk)

CN, JAKARTA - Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.Kes mengatakan aktivitas fisik sangat penting karena memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Melihat kurangnya aktivitas yang dilakukan masyarakat Indonesia, menurut drg. Kartini Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga melakukan kampanye ’Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan’ dengan mengajak masyarakat Indonesia rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

Oleh karena itu terkait Haornas 2019 dengan mengusung tema #ayoolahraga #dimanasajakapansaja. Kemenkes ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

"Jangan sampai ada alasan tidak sempat berolahraga, karena olahraga bisa dimulai dari gerakan-gerakan yang kecil dan ringan saja seperti berlari dan jalan santai," kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.Kes saat acara temu media menyambut Hari Olahraga Nasional 2019 di Kemenkes Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Dikatakan Kartini, menyambut Hari Olahraga Nasional, Kemenkes melalui "Germas" telah menepatkan aktivitas 30 menit penting dilakukan setiap hari.

Dari sudut pandang kesehatan, manfaat rutin melakukan olahraga diantaranya: 1) Olahraga yang dilakukan dengan teratur selama minimal 12 minggu akan meningkatkan kebugaran jantung paru, kekuatan dan daya tahan otot, kelenturan, dan memperbaiki komposisi tubuh; 2) Menurunkan risiko terkena penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, DM; 3) Meningkatkan massa tulang sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya osteoporosis; 4) Meningkatkan rasa percaya diri dan membangun sportivitas. (*)
 

Terpopuler

To Top