Dirjen Kebudayaan Gelar Pameran Kesejarahan Art and Diplomacy Dalam Rangka Memperingati HUT Ke 74 RI

man-headphones

Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari. (Foto: Isk)

CN, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran kesejarahan "Art and Diplomacy" dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-74 RI.

Dalam kegiatan ini dipamerkan sejumlah karya seni merupakan koleksi benda bersejarah yang melambangkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Galeri Foto Jurnalistik ANTARA, dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pada pameran ini menampilkan foto-foto dokumentasi yang belum pernah dilihat dan tidak ada di buku sejarah.

"Melalui pameran ini, perjuangan fisik dan diplomasi terekam melalui berbagai karya seni dalam bentuk lukis maupun foto," kata Triana disela-sela kegiatan pameran kesejarahan "Art and Diplomacy" di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Lebih lanjut, Triana mengatakan bahwa pameran akan digelar di tiga tempat berbeda dengan menampilkan sekitar 80 karya yang merepresentasikan semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pameran akan dibuka pada tanggal 15-17 Agustus mendatang.

"Diharapkan dengan digelarnya kegiatan pameran tersebut berbagai pihak yang hadir bisa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap sejarah bangsa," ungkapnya.

Dikatakannya, Kegiatan itu dinilai sangat penting sebagai narasi kebangsaan yang mampu mengobarkan semangat nasionalisme dan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah serta semangat nasionalisme dalam meraih kedaulatan bangsa. (*)
 

Terpopuler

To Top