3 Menteri Hadiri Pertemuan Koordinasi Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11 Regional Barat

man-headphones

3 Menteri Hadiri Pertemuan Koordinasi Nusantara.

CN, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. SpM menghadiri Pertemuan Koordinasi Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11  Regional Barat berlangsung di Hotel Kartika Chandra, Jl. Gatot Subroto Kav. 18-20, Jakarta, Selasa malam (6/8/2019).

Dalam kesempatan ini Menkes Nila Moeloek menyampaikan bidang pelayanan kesehatan telah tersedia  sebanyak 10.017 unit puskesmas dan sebanyak 33 unit RS vertikal dan 547 unit   RSUD dan tentu saja masih banyak lagi RS dan klinik swasta. 
 
Tercatat Total tenaga kesehatan yang telah ditempatkan melalui program Nusantara Sehat saat ini sebanyak 9.200 orang, tersebar di 1.753 Puskesmas di 272 Kabupaten/Kota di 29 Provinsi. 
 
Hal ini pastinya tidak akan ada artinya tanpa dukungan infrastruktur yang memadai. Infrastruktur menjadi sangat penting dalam mendukung berbagai program kesehatan, khususnya SDM Kesehatan selaku pelaksana program.

Kurangnya dukungan infrastruktur pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah menurut Menkes, menjadi salah satu penyebab rendahnya retensi dan kurangnya minat tenaga kesehatan untuk mau tinggal dan bekerja di daerah terpencil dan sangat terpencil, sehingga kita masih kekurangan tenaga di fasilitas pelayanan kesehatan. 
 
Tenaga kesehatan di era millenium ini masih tinggi ketergantungannya dengan internet, sehingga mereka berharap bisa bekerja dan tinggal di daerah yang mempunyai jaringan internet yang bagus, meskipun itu di puskesmas yang sangat terpencil.
 
Upaya menggandeng lintas unit terkait untuk mendukung program kesehatan, antara lain dengan mengundang Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian Kominfo, dan Kemendes PDT, serta KSP untuk  bersama-sama membangun Indonesia Sehat, dalam hal ini menyediakan infrastruktur yang memadai.   
 
Tim Nusantara Sehat ini merupakan saksi dari sulitnya tinggal dan bekerja di di daerah sangat terpencil untuk melakukan pelayanan kesehatan, dengan akses transportasi yang sulit, minim sinyal telepon, tidak ada listrik, air, dan keterbatasan lainnya.

Acara Pertemuan Koordinasi Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11  Regional Barat ini turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (*)

 

Terpopuler

To Top