KMN EyeCare Edukasi Masyarakat Tentang Katarak Dan Solusinya

man-headphones

KMN EyeCare berikan edukasi masyarakat mengenai penyakit katarak dan solusinya.

CN, JAKARTA - KMN EyeCare memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia yaitu Katarak.

CEO KMN EyeCare, Dr. Rudy C. Susilo mengatakan penanganan katarak kini sudah sangat modern dan tidak perlu ditakuti lagi.

"Kini katarak sudah dapat ditangani secara modern, jadi tidak perlu ditakuti," kata CEO KMN EyeCare, Dr. Rudy C. Susilo di KMN EyeCare Kemayoran, The Mansion Fontana Kemayoran, Jakarta Pusat (15/7/2019).

Dr. Rudy menjelaskan operasi katarak memang tidak dapat dilakukan pada kedua mata secara bersamaan. Mata pertama yang dioperasi harus menunjukkan hasil yang baik dulu sebelum mata kedua dapat dioperasi.

Prosedur keamanan operasi katarak menurutnya, sudah seharusnya dipastikan dari sebelum pasien masuk ruang operasi.

"Di KMN EyeCare, pasien katarak diharuskan untuk menjalani sederetan pemeriksaan komprehensif sebelum menjalani operasi," ungkap Dr. Rudy.

Lebih lanjut ia mengatakan selain pemeriksaan komprehensif di awal, KMN EyeCare juga didukung dengan teknologi canggih. Operasi katarak di KMN EyeCare menggunakan metode fakoemulsifikasi dengan alat mutakhir bernama Centurion keluaran Alcon Laboratories dari Amerika Serikat.

"Dalam operasi katarak yang menggunakan alat ini, sayatan yang dibuat jadi teramat kecil, sehingga proses penyembuhan pasien lebih aman dan cepat," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Artis senior Widyawati mengakui semula sempat mengalami ketakutan sebelum menjalani operasi katarak.

"Awalnya saya takut karena ini menyangkut mata. Setelah berunding dengan anak-anak, saya memutuskan operasi dan Dr. Ricky yang menangani saya," ujar Widyawati.

Dokter spesialis mata, Dr. Ricky E Rooroh, SpM mengatakan katarak adalah proses terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan fungsi penglihatan dan biasanya terjadi pada orang-orang berusia di atas 40 tahun atau paruh baya.

"Katarak yang terjadi seiring bertambahnya usia dan bagian dari proses penuaan," jelasnya.

Dr. Ricky E Rooroh, SpM menegaskan fakta inilah yang perlu diluruskan kepada masyarakat. Meski takut, Operasi katarak merupakan tindakan yang tidak dapat dihindari oleh para penderita penyakit mata ini. (*)
 

Terpopuler

To Top