Pentingnya Semua Pihak Merawat Keragaman Budaya

man-headphones

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. (FOTO: Istimewa)

CN, JAKARTA – Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengajak semua pihak untuk merawat keragaman budaya. Hal ini penting sebagai salah satu landasan pembangunan Indonesia ke depan.

Hilmar menjelaskan Indonesia merupakan Negara dengan keberagaman budaya dan keragaman tersebut terawat dengan baik maka Indonesia akan mencapai kemajuan peradaban sesuai zaman.

"Indonesia memiliki strategi kebudayaan yang dirumuskan berbagai ahli dan kaum akademisi pada Kongres Kebudayaan Indonesia 2018," kata Direktur Jenderal Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid saat penutupan seminar nasional kebangsaan bertema Kebudayaan Indonesia Dalam Dimensi Kekinian dan Perspektif Masa Depan di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Lebih lanjut Hilmar mengatakan kebudayaan sebuah proses pembelajaran untuk menghadapi tantangan masa depan.

Strategi kebudayaan dijelaskannya, akan menjadi arah membangun peradaban bangsa di tengah transformasi budaya global yang serba digital.

"Upaya pembangunan berlandaskan kebudayaan harus menjadi gerakan aksi kebudayaan yang inklusif dan toleran," ungkapnya.

Disampaikan Hilmar beberapa rekomendasi dari seminar nasional kebangsaan ini salah satunya adalah pencanangan agenda makro-strategis dengan menjadikan jalan kebudayaan sebagai jalan pembangunan Indonesia.

Selain itu perlunya membangun peradaban Indonesia dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan jati diri bangsa, sehingga dibutuhkan Restorasi Pancasila menjadi kebudayaan untuk mendukung pembangunan peradaban bangsa. (*)
 

Terpopuler

To Top