Menteri Agama Resmikan Vihara Hemadhiro Mettavati

man-headphones

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan pada acara peresmian Vihara Hemadhiro Mettavati. (FOTO: Istimewa)

CN, JAKARTA - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan apresiasinya kepada ketua umum DPP Walubi, para Bhante dan keluarga besar Vihara Hemadhiro Mettavati yang telah bahu membahu dengan pemerintah dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada masyarakat Buddha hingga dapat menyediakan sarana ibadah umat Buddha.

"Saya melihat bahwa semangat umat untuk membangun rumah ibadah sangat tinggi," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya pada acara peresmian Vihara Hemadhiro Mettavati di Jalan Kapuk Raya Gang Mawar Jakarta Barat, Minggu (30/6/2019).

Menurut Menteri Agama, semangat umat membangun rumah ibadah ini merupakan nilai positif karena setidaknya dapat mencerminkan kecenderungan atas menguatnya kesadaran religius dan semangat keberagamaan dikalangan umat beragama.

Menteri Agama Lukman Hakim menegaskan rumah ibadah yang dibangun harus difungsikan sebagai tempat beribadah sebagaimana mestinya yang sesungguhnya juga dapat difungsikan untuk kegiatan-kegiatan yang bernuansa sosial ekonomi ataupun sosial budaya lainnya.

"Fungsi rumah ibadah tentu perlu diperluas melalui pemanfaatan fasilitas fisik yang telah tersedia atau melalui penambahan fasilitas dan sarana fisik lainnya," tutur Menteri Lukman Hakim.

Dengan begitu rumah ibadah menurut Lukman Hakim, semakin dapat bermanfaat bagi pembinaan masyarakat baik dalam aspek kegiatan ibadah maupun bagi pembinaan aspek wawasan sosial ekonomi dan wawasan lainnya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Sementara itu Ketua Vihara Hemadhiro Mettavati, Romo Asun Gotama menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama rombongannya di acara peresmian Vihara Hemadhiro Mettavati.

Ucapan yang sama juga disampaikan Romo Asun Gotama kepada Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Caliadi, Mewakili Pangdam Jaya, Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto, Mewakili Kapolda Metro Jaya, Kasubdit Bintibsos Polda Metro Jaya AKBP Jajang Hasan Basri, Dandim 0503/Jakarta Barat Korem 052/Wijayakrama Letkol Arh. R. Jatmiko Adhi, Kedutaan Besar negara Sahabat Thailand dan Laos, para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat juga tamu undangan lainnya.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menambahkan dirinya sangat bersyukur setelah mendapatkan penjelasan dari Bhante, bahwa di area Vihara Hemadhiro Mettavati ini juga dibangun mushola "Yafad Bin Mustofa" untuk memudahkan umat muslim menunaikan ibadah ketika ada acara di vihara. "Ini sesuatu yang luar biasa menurut saya," ungkap Menteri Lukman Hakim. (*)
 

Terpopuler

To Top