Rest Area Di Ruas Jalan Tol Akan Dioptimalkan Selama Angleb 2019

man-headphones

CN, Jakarta - Pemerintah akan berkordinasi dengan stakeholder, asosiasi rest area, dan instansi terkait untuk mengoptimalkan rest area (tempat peristirahatan) di ruas jalan tol selama masa angkutan lebaran 2019. “Kita ingin sama-sama memenej rest area, karena selama ini kerap menjadi penyumbang trobel maker dan menyebabkan antrean panjang hingga berhenti di bahu jalan,” demikian diungkapkan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Menurut Dirjen Budi, pada masa pelaksanaan angleb, rest area akan dilakukan zonasi, jalur, dan area parkir agar tidak terjadi penumpukan dan antrean panjang.

Budi juga menambahkan bahwa, pada rest area eksisting maka tidak boleh menambah jumlah booth di area peristirahatan untuk mengoptimalkan kantong-kantong parkir bagi pemudik. “Kami juga mengajak kepada masyarakat untuk tidak terpaku pada antrean resta area, tetapi dapat memanfaatkan rest area yang juga tersedia di luar tol,” tutur Budi.

Dirjen Budi mengatakan, dengan mengatur optimalisasi rest area tersebut maka pemudik dapat keluar tol terlebih dahulu untuk memeroleh rest area dan beristirahat, baru kemudian melanjutkan perjalanan.

Dirjen Budi juga menjelaskan terkait keamanan, pihaknya juga akan memberikan perhatian penuh pada rest area di jalan tol di luar jawa. Diantaranya pada ruas Bakauheni-Kayu Agung yang cenderung agak rawan. “Kami bekerjasama dengan Kepolisian Polda Lampung dan Sumatera Selatan, karena jalan tol panjang, rencananya akan ada 15 pos yang disiapkan. Mereka meminta agar khusus di rest area diberikan ‘pagar betis’ untuk menjaga keamanan,” pungkas Budi.

Terpopuler

To Top