Perpindahan Penerbangan Dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati Akan Dilakukan Bertahap

man-headphones

CN, Jakarta - PT Angkasa Pura II secara berangsur akan memindahkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati, Majalengka. “Nantinya seluruh penerbangan keluar Jawa akan dipindahkan ke Kertajati, sisanya dalam Jawa dan internasional tetap di Bandung, misalnya saja rute Bandung-Balikpapan, Kualanamu, Palembang dan beberapa lainnya mulai 15 Juni 2019,” demikian diungkapkan Presiden Direktur Angkasa Pura II M Awaluddin di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Awaluddin menambahkan, untuk tujuan di dalam Jawa akan tetap dari Bandung namun menggunakan pesawat propeller, tidak lagi dengan pesawat jet, “bila akses tol Cisumdawu sudah rampung, maka seluruh penerbangan dari Bandung akan pindah ke Kertajati, kecuali penerbangan dengan pesawat propeller. 

Awaluddin menambahkan bahwa, Angkasa Pura II akan memiliki 25 persen saham di BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) yang penandatanganan pengesahannya akan dilaksanakan setelah Lebaran, selain itu Angkasa Pura II juga menjadi pemilik aset sisi udara yang dibangun pemerintah senilai Rp900 miliar setelah menjadi Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) BIJB.

Awaluddin menjelaskan bahwa, pihaknya juga telah membangun perpanjangan landasan pacu sepanjang 500 meter, overlay, taxiway, dan lainnya senilai Rp336 miliar. “Nantinya kami memiliki kendali operasi di Bandara Kerjatati setelah pengesahan,” pungkas Awaluddin.

Terpopuler

To Top