Mulai April, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Via Kapal Laut

man-headphones

CN, Jakarta - Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Pehubungan kembali menyiapkan program mudik gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor, yang akan dibuka pendaftaran pada tanggal 1 April 2019. ”Adapun kuota yang disiapkan oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mudik gratis dengan kapal tahun ini adalah sebanyak 4.000 sepeda motor dan 8.000 orang penumpang, yang terdiri dari 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus mudik, serta 2.000 sepeda motor dan 4.000 orang penumpang untuk arus balik,” demikian diungkapkan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut,  Capt. Wisnu Handoko di sela acara Rakornas Perintis dan Tol Laut di Jogjakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut Capt. Wisnu, jadwal keberangkatan angkutan laut mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta – Tanjung Emas Semarang pada tanggal 30 Mei dan 1 Juni 2019. Sedangkan untuk jadwal arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang – Tanjung Priok Jakarta mulai tanggal 8 dan 10 Juni 2019. “Guna membantu kelancaran arus mudik pada masa angkutan Lebaran, Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai persiapan penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran tahun 2019 (1440 H) termasuk program mudik gratis bagi masyarakat.” Ujarnya.

Capt. Wisnu menambahkan bahwa, dalam pelaksanaannya mudik gratis dengan kapal tahun 2019 ini, Pihaknya menyiapkan 1 (satu) unit kapal penumpang untuk melayani mudik gratis dengan kapal. Adapun 1 kapal yang disiapkan untuk mudik gratis tersebut berkapasitas penumpang 2000 penumpang dan 1000 sepeda motor untuk satu kali voyage. “Pemerintah berharap melalui program mudik gratis ini akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara,” kata Capt. Wisnu.

Capt. Wisnu menjelaskan, program mudik gratis ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat. “Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik tahun ini, mulai sekarang untuk bersiap-siap dan manfaatkan kesempatan mudik gratis dengan kapal ini sebaik-baiknya. Mudik dengan kapal laut selain gratis juga lebih aman dan nyaman,” pungkas Capt. Wisnu.

Berikut adalah beberapa informasi penting terkait ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemudik yang mau mendaftar mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor, yaitu :

1) Pendaftaran Mudik Gratis bagi pengendara sepeda motor dapat dilakukan secara Online mulai 1 April 2019, melalui website : http://mudikgratis.dephub.go.id/, dan  Pendaftaran Offline pada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok  dan Lokasi lainnya yang dianggap menjadi titik pemudik sepeda motor.

2) Pemudik yang mendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

- Memiliki STNK dan  SIM yang sah;

- Kondisi motor layak jalan;

- Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing;

- Harus ada penyangga/standar tengah (standar dua);

- Harus dilengkapi dengan pegangan belakang;

- Ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik;

- Tidak diperbolehkan adanya box samping kiri, kanan maupun belakang;

- Jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang;

- Bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 (satu) liter/motor;

- Kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana;

3) Setelah melakukan pendafataran online, peserta mudik wajib melakukan verifikasi data dengan membawa bukti pendaftaran online dan kelengkapan persyaratan administrasi (SIM C, STNK, KTP, KK) paling lambat 7 hari kerja di lokasi-lokasi yang telah ditentukan pada pukul 09.00 – 16.00.

Terpopuler

To Top