Balitbanghub Dorong Revitalisasi Perumusan Kebijakan Transportasi Di Era Revolusi Industri 4.0

man-headphones

CN, Jakarta - Tataran penelitian dan pengembangan perlu ada perubahan agar dapat mengikuti perkembangan dunia transortasi yang sudah unpredictable. “Pemerintah terus mendorong adanya revitalisasi untuk perumusan kebijakan, mengkoordinasikan dan meneliti untuk teknis transportasi. Sehingga hasil data dan hasil kebijakan, jelas terukur, dan terarah,” demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Rakornis mengambil tema “Revitalisasi Badan Litbang Perhubungan Sebagai Lembaga Penyusun Rekomendasi Kebijakan Transportasi Di Era Revolusi Industri 4.0 akan diselenggarakan hingga 20 Februari 2019.

“Kolaborasi merupakan kunci utama, tak hanya di pusat namun juga di derah-daerah, untuk keberhasilan penelitian,” tutur Djoko saat membacakan pidato Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi tidak terbantahkan, pemodelan transportasi sudah tidak lagi bisa diprediksi secara inier, sehingga pengambilan kebijakan tidak bisa dilakukan secara stand alone development. “Dalam hal ini keterlibatan masyarakat, dunia usaha, dan berbagai stakeholders sangat dibutuhkan untuk memulai perencanaan kebijakan, termasuk dari tararan penelitian dan pengembangan,” tegas Menhub. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Litbanghub Sugihardjo menyampaikan, guna lebih mempersiapkan menghadapi revolusi industri 4.0 Rakornis ini dilaksanakan guna menggali kebutuhan penelitian, harapan, dan keinginan pemangku kepentingan terhadap Litbang.

“Kita juga mengeksplorasi isu-isu penting di bidang transportasi yang harus ditindaklanjuti dengan pengkajian, penelitian, dan pengembangan,” ujarnya.

Terpopuler

To Top