Agar Dekat dengan Masyarakat, Museum Harus Melakukan Banyak Aktivitas

man-headphones

Foto: (kiri) Dra. Dedah Rufaedah Sri Handari yang mewakili Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman bersama Kepala Museum Basoeki Abdullah, Dra. Maeva Salmah M.Si di Museum Basoeki Abdullah J

CN, Jakarta - Peran museum diharapkan menjadi lebih konkret dan menginspirasi banyak pihak sebagai sumber ilmu pengetahuan, sumber pendidikan yang baik. Keberadaan museum juga untuk memajukan kebudayaan, bahkan membangun demokrasi dan memperkuat toleransi.

"Museum adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibidang permuseuman yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Kebudayaan. Sesuai arahan Dirjen Kebudayaan semua museum harus bisa mengangkat koleksinya melalui berbagai aktivitasnya seperti yang telah banyak dilakukan oleh Museum Basoeki Abdullah yaitu menggelar Seminar dan Workshop," kata Dra. Dedah Rufaedah Sri Handari yang mewakili Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman pada acara Seminar dengan tema Basoeki Abdullah dan Lukisan Mitosnya di Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan, Kamis (7/2).

Menurut Dedah, museum se-Indonesia harus melakukan upaya agar museum harus dekat dengan masyarakat sekaligus sebagai tempat yang nyaman untuk berkunjung serta belajar. Sebab pada hakikatnya, museum didirikan dari kita, dirawat oleh kita, serta ditujukan untuk kepentingan kita bersama.

"Saya mewakili Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman sangat mengapresiasi museum Basoeki Abdullah yang telah banyak melakukan aktivitasnya sebagai upaya agar lebih dekat dan dikenal masyarakat luas tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Museum Basoeki Abdullah, Dra. Maeva Salmah M.Si mengatakan digelarnya seminar dengan tema Basoeki Abdullah dan Lukisan Mitosnya adalah dalam rangkaian kegiatan #BASOEKIABDULLAHARTAWARD3 #REMITOLOGISASI.

Maestro Indonesia dalam bidang seni lukis, Basoeki Abdullah memiliki rentetan karya-karya lukisan yang mendunia.

"Basoeki Abdullah merupakan salah satu pelukis maestro yang dimiliki Indonesia, dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis. Karya-karyanya menghiasi istana negara dan kepresidenan Indonesia, karyanya juga koleksi oleh para kolektor dari berbagai penjuru dunia," ungkap Maeva.

Lebihlanjut Maeva mengatakan peran dan upaya museum Basoeki Abdullah dalam memajukan kebudayaan dan berkesinambungan adalah melalui ruang publik yg dpt dimanfaatkan oleh masyarakat utk mengapresiasi dan mengekspresikan seni, khususnya seni lukis. Cetakan hasil kajian, penelitian yang terkait lukisan mitosnya Basoeki Abdullah  yang dilakukan di Pelabuhan Ratu dan Istana Bogor sangat diminati oleh masyarakat bahkan pada tahun ini pihak museum akan mencetak kembali.

"Alhamdulillah, kalau cetakan-cetakan hasil kajian terkait seni lukis yang di terbitkan Museum Basoeki Abdullah, masyarakat sangat respon. Kajian dan penelitian yang terkait dengan seni lukis itu memang jarang disini," tuturnya. (*)

Terpopuler

To Top