Dirjen Kebudayaan Akan Menggelar Pekan Budaya Nasional Pertama di Jakarta

man-headphones

Foto: Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid (Kemeja Batik)

CN, Jakarta - Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid mengatakan Kemedikbud melalui Dirjen Kebudayaan akan menyelenggarakan Pekan Budaya Nasional yang pertama kali digelar di Jakarta pada Oktober 2019 nanti. Pekan Budaya Nasional merupakan realisasi dari Resolusi Kebudayaan yang lahir dari Kongres Kebudayaan Indonesia pada 5-9 Desember 2018.

"Rencananya Pekan Budaya Nasional akan berlangsung pada Oktober di Gelora Bung Karno. Perhelatan tersebut juga direncakan berlangsung dua tahun sekali," kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid saat acara Media Gathering di Museum Kebangkitan Nasional (Gedung STOVIA) Jakarta, Kamis (17/1).

Menurut Hilmar akan ada beberapa permainan tradisional yang dipertandingkan dalam kegiatan tersebut, tidak hanya permainan tradisional, olahraga nasional seperti memanah di atas kuda juga menjadi usulan untuk dikompetisikan.

"Salah satu syarat permainan tradisional dapat dipertandingkan dalam Pekan Budaya Nasional adalah permainan yang dapat menarik pastisipasi masyarakat," ungkapnya.

Hilmar mengungkapkan nantinya setiap daerah akan mengirimkan kontingen untuk berlaga dalam kompetisi, untuk kesenian seperti tari, akan masuk dalam kategori eksebisi. (*)

Terpopuler

To Top