Perpustakaan Nasional RI Luncurkan Situs Web Khasanah Pustaka Nusantara

man-headphones

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando

CN, Jakarta - Perpustakaan Nasional RI meluncurkan situs web Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara) yang merupakan hasil kerjasama antara Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi sebagai penyedia sistem dan web serta Pusat Preservasi sebagai penyedia isi atau konten.

"Situs web Khastara memuat koleksi digital hasil alih media dari koleksi tercetak pustaka nusantara yang dimiliki Perpustakaan Nasional. Situs web Khastara diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia demi kepentingan intelektual," kata Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando pada acara Peluncuran Situs Web Khastara dan Pencanangan Tagline Perpusnas 2019 di Perpustakaan Nasional RI, Kamis (3/1).

Muhammad Syarif Bando menjelaskan situs web ini memudahkan pemustaka dalam mengakses koleksi pustaka nusantara yang sudah di digitalkan dalam bentuk dan format yang menarik sehingga kondisi koleksi tercetak yang sudah rapuh tetap terjaga.

"Kedepannya, penyajian koleksi yang interaktif seperti flipping book akan diupayakan melalui teknologi html 5," tutur Kepala Perpusnas.

Dalam penyajiannya, koleksi pustaka nusantara akan dibuat dalam bentuk website yang intuitif namun sederhana, sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dengan konsep Web Responsif. Sehingga situs web Khastara dapat dibuka dengan gadget seperti tablet dan smarphone dan menyesuaikan bentuk/format penyajiannya.

"Harapan kami, peningkatan layanan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dipersembahkan Perpustakaan Nasional RI menambah khasanah dan keragaman informasi yang ada serta berguna bagi masyarakat Indonesia," ungkapnya. *

Terpopuler

To Top