Mendikbud Buka Pementasan Wayang Ki Anom Suroto di KKI 2018

man-headphones

Foto: Mendikbud RI, Muhadjir Effendy

CN, Jakarta - Sudah 4 hari didalam penyelenggaraan Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Begitu banyak yang peroleh selama perhelatan ini berlangsung.

"Selama penyelenggaraan acara-acara pada KKI 2018, kita memperoleh juga pengalaman baru. Mulai dari proses kerja mural, pertunjukan musik, pemutaran film, debat publik, pergelaran qasidah dan berbagai acara lain. Semuanya menyemai inspirasi dalam diri kita untuk terlibat aktif dalam memajukan kebudayaan bangsa," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy dalam sambutannya pada acara Pementasan Wayang dengan Dalang Ki Anom Suroto pada KKI 2018 di hari ke 4 malam ini, Sabtu malam (8/12).

Lebihlanjut Mendikbud menyampaikan bahwa besok pagi dilaksanakan pawai budaya sebelum akhirnya duduk bersama bersidang menetapkan strategi budaya untuk 20 tahun mendatang.

"Terima kasih kepada pihak pihak yang selama ini telah bekerja keras mewujudkan acara ini, acara puncak. Karena sejak merdeka, baru kali ini Kongres Kebudayaan Indonesia diselenggarakan dengan format seperti sekarang ini, saya ingin berterima kasih kepada mereka yg bekerja keras.Terima kasih kepada Dirjen Kebudayaan Pak Hilmar. Saya tidak banyak ikut campur dalam penyelenggaraan KKI. Saya serahkan sepenuhnya kepada Pak Dirjen dan Bu Sesditjen," ungkap Mendikbud.

Pemerintah RI telah berhasil menetapkan UU Pemajuan Kebudayaan, No.5/2017. Setelah 73 tahun Indonesia merdeka, baru kali ini kita memiliki UU Kebudayaan. Terima kasih kepada pegiat budaya atas kontribusinya sehingga UU Pemajuan Kebudayaan disahkan secara resmi.

Menurut Mendikbud atas dasar UU itulah maka KKI bisa dilaksanakan sekarang ini. Saya mohon dukungan agar dapat menetapkan budaya kita sebagai landasan pembangunan nasional kita. Kita tahu dengan strategi kebudayaan yang kita rencanakan,  kita akan bergerak maju seiring majunya kebudayaan.

Pemerintah mengalokasikan DAK untuk pemajuan kebudayaan. Tiap prov/kab/kota mulai tahun depan ada DAK. (sekarang di 2019) Baru setengah trilyun. Semoga tahun berikutnya bisa berlipat. (Ini) Menunjukkan pemerintah tidak main2 dalam menjadikan kebudayaan sebagai arus utama dalam kehidupan kita terutama sebagai landasan pembangunan nasional.

"Malam ini kita bersama-sama akan menyaksikan pergelaran wayang kulit dengan lakon Bima Sakti. Mudah-mudahan bisa menarik berbagai macam pasemon (nasihat/petuah) yang tersembunyi di dalam lakon," tutup Mendikbud. *
 

Terpopuler

To Top