Kongres Kebudayaan Indonesia Resmi di Buka

man-headphones

Foto: Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid

CN, Jakarta - Tepat di tahun ke-100 penyelenggaraan, Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018. Tidak seperti kongres-kongres sebelumnya, KKI 2018 juga menjadi tahun pertama penyelenggaraan sejak disahkannya Undang-Undang No 5 Tahun 2019 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan bahwa sesuai dengan Pasal 8 pada Undang-Undang No 5 tahun 2017, Pemajuan Kebudayaan Indonesia berpedoman pada: Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah kabupaten/kota, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah provinsi, Strategi Kebudayaan, dan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan.

“Saat ini sudah ada 29 provinsi yang menyelesaikan tahapan PPKD. Langkah selanjutnya adalah merumuskan Strategi Kebudayaan yang sedang kita laksanakan saat ini dan akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Desember 2018 mendatang,” kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi, mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa Kongres Kebudayaan Indonesia tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan kongres sebelumnya.

“Kongres tahun ini bukan hanya sekedar presentasi ide dan makalah kebudayaan semata, tapi juga harus menjadi perayaan kebudayaan bagi kita semua,” pesan Didik Suhardi. *

Terpopuler

To Top