Mendikbud Muhadjir: Tradisi intelektual Bung Hatta terus berlanjut hingga generasi mendatang

man-headphones

CN, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan sosok Mohammad Hatta adalah anak bangsa yang memiliki pengetahuan sangat lengkap. Hal itu disampaikannya pada acara peluncuran 10 seri buku berjudul "Karya Lengkap Bung Hatta", berlangsung di Kemedikbud RI, Jakarta, Selasa (13/11).

Menurut Mendikbud, militer Indonesia berdiri dari pemikiran Bung Hatta yang meluncurkan kebijakan rasionalisasi militer tahun 1949. Inilah yang mendasari perkembangan TNI yang pada akhirnya harus membuat pilihan untuk menjadi TNI profesional, ini yang mungkin tidak banyak diketahui.

"Saya punya pengalaman intelektual sendiri dengan beliau yaitu dalam disertasi saya, kebetulan saya menulis tentang militer ternyata letak dasar profesionalisme Indonesia itu Mohammad Hatta," kata Mendikbud.

10 Seri Buku "Karya Lengkap Bung Hatta" merupakan kumpulan dari 800 karya tulis Bung Hatta yang diterbitkan oleh LP3ES. Buku ini juga mendapatkan dukungan kerja sama antara Perhimpunan Indonesia untuk Pengembangan Ekonomi dan Sosial (Bineksos) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Lebihlanjut Mendikbud Muhadjir Effendy mengharapkan tradisi intelektual tokoh bangsa seperti Bung Hatta terus berlanjut hingga generasi mendatang. Salah satu upayanya melalui buku ini. 10 buku ini bersumber dari 800 karya tulis Bung Hatta. Buku ini dapat dijadikan materi dan konten pendidikan anak-anak Indonesia.

"Agar tradisi intelektual dan benang merah para pemikir dan bapak bangsa ini akan tersambungkan pada generasi yang akan datang," tuturnya. *

Terpopuler

To Top