Seleksi CPNS Kemensos Berjalan Lancar dan Transparan

man-headphones

CN, Jakarta - Kementerian Sosial menggelar Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara serentak di seluruh Indonesia. SKD diikuti 22.587 orang.

“Proses seleksi berjalan dengan dengan baik, lancar dan transparan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras saat meninjau pelaksaan SKD yang berlangsung di Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negera (BKN), di Jakarta, Senin (29/10).

Hartono mengatakan, tahapan seleksi yang terkomputerisasi dengan sIstem Computer Assisted Tes (CAT) membuat proses seleksi berjalan transparan, jujur dan cepat. “Dalam waktu 10 menit setelah selesai, langsung rekap hasil seleksi bisa diketahui,” kata Hartono.

Dalam SKD kali ini, jumlah pelamar yang memilih instansi Kementerian Sosial sebanyak 22.587 orang. Pelamar yang mengunggah dokumen sebanyak 19.863 orang. Adapun yang lulus seleksi administrasi sebanyak 10.918 orang.

Dengan demikian yang tidak lulus seleksi administrasi sebanyak 8.945 orang. “Di sini misalnya kasus-kasus dimana pelamar yang harusnya diketik namun ditulis pakai tangan. Jadi tidak memenuhi syarat,” kata Hartono.


Adapun lokasi SKD penerimaan CPNS Kementerian Sosial Tahun Anggaran 2018 dilaksanakan pada 12 lokasi yang dapat dipilih oleh pelamar.  “Jadi pelamar bisa memilih lokasi dimana akan memgikuti seleksi,” katanya.

Pelamar yang memilih lokasi di kantor Regional V/BKN Jakarta yang dilaksanakan mulai pada Senin, 29 Oktober sampai 5 November 2018 seluruhnya berjumlah 3.482 orang.

Mereka terdiri dari formasi umum sebanyak 3.353 orang, formasi khusus lulusan terbaik yaitu 85 orang, formasi khusus penyandang disabilitas sebanyak 3 orang (1 orang penyandang disabilitas fisik dari dua orang penyandang disabilitas sensorik). Kemudian formasi khusus putra-putri Papua dan Papua Barat hari ini 1 orang.

Hartono menyatakan apresiasi kepada Kepala Kantor Regional V/BKN Jakarta dan para pegawai di lingkungan Biro Kepegawaian Kementerian Sosial yang sudah berkontribusi terhadap pelaksanaan seleksi.

“Ruangan dan fasilitas di sini sangat memadai. Dan dari Biro Kepegawaian sudah mempersiapkan pelaksanaan seleksi dengan baik. Mereka sampai begadang dari beberapa hari sebelumnya,” katanya.

 

Terpopuler

To Top