Generasi Milenial Harus Menjunjung Tinggi Toleransi

man-headphones

CN, Jakarta - Wihara Ekayana Arama melalui Ekayana Peduli menggelar acara Dialog Kebangsaan Milenial dengan tema "Harmoni dalam Keberagaman" berlangsung di Wihara Ekayana Arama Indonesia Buddhist Centre, Jakarta, Sabtu (20/10).

Dialog Kebangsaan Milenial "Harmoni dalam Keberagaman" menghadirkan pembicara berkompeten yaitu Pengurus Wihara Ekayana Serpong Romo Jimmy, Aktivis Katolik Konstantin, Sekretaris Wilayah PW GP Ansor DKI Jakarta Dendy Zuhairil Finsa dan Aktivis dan Pegiat Anti-Narkoba Yerry Patinasarani.

Ketua TIM Ekayana Peduli, Husein Danavira mengatakan digelarnya dialog Kebangsaan Milenial ini dengan mengangkat tema "Harmoni dalam Keberagaman" karena melihat bahwa toleransi yang dimiliki oleh generasi milenial ini mengalami penurunan jika dibandingkan generasi sebelumnya yang memiliki tali toleransi yang lebih baik.

Menurut Husein, Indonesia butuh generasi yang toleran. Karena itulah, generasi penerus harus mampu menghargai keberagaman dan generasi penerus juga harus mampu menciptakan harmoni dalam aneka ragam perbedaan di negeri ini.

"Kami menggelar dialog Kebangsaan Milenial dengan mengangkat tema "Harmoni dalam Keberagaman" karena kami melihat bahwa tali toleransi yang dimiliki oleh generasi milenial mengalami penurunan tidak seperti generasi sebelumnya pada jaman kita sekitar tahun 70, 80 dan 90an dimana tali toleransinya sangat baik," ungkap Husein Danavira disela-sela acara dialog Kebangsaan Milenial.

Lebihlanjut Husein mengatakan pengertian yang lebih luas, toleransi didefinisikan sebagai sikap atau perilaku seseorang yang sesuai dengan aturan yang berlaku, di mana orang tersebut selalu berusaha untuk menghormati serta menghargai setiap tindakan atau perilaku yang dilakuakan oleh orang lain.

"Jadi dengan demikian jika dilihat dari konteks kehidupan beragama, toleransi merupakan sikap dan tingkah laku yang tidak mendiskriminasikan golongan atau kelompok yang memiliki perbedaan keyakinan," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Wilayah PW GP Ansor DKI Jakarta Dendy Zuhairil Finsa menyambut baik digelarnya Dialog Kebangsaan Milenial dengan tema "Harmoni dalam Keberagaman" yang diselenggarakan oleh Ekayana Peduli.

Menurut Dendy, hampir semua masyarakat dan komunitas menyuarakan bagaimana bekerjasama sebagai anak bangsa dan kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan baik secara formal dan informal.

"Kenapa menjaga harmoni dalam keberagaman itu penting? Karena kita tinggal diatas bumi yang sama dan diatas negara yang sama. Bisa jadi diantara kita memiliki perbedaan tradisi, budaya bahkan kepercayaan, namun karena kita manusia yang dianugerahi akal dan pikiran, semestinya kita bisa hidup saling berdampingan," ungkap Dendy.

Terpopuler

To Top