Insurance Day 2018, Tingkatkan Pemahaman Asuransi Pada Generasi Milenial

man-headphones

CN, Jakarta - Peringati Insurance Day 2018, Dewan Asuransi Indonesia (DAI) meresmikan serangkaian kegiatan dalam mendukung kegiatan pemerintah, meningkatkan literasi dan edukasi keuangan ditengah masyarakat sekaligus membantu meningkatkan dan memajukan penetrasi kesadaran berasuransi di Indonesia. “Melanjuti tema terdahulu yang telah menjadi jargon industri asuransi yakni “Mari Berasuransi”, Insurance Day 2018 mengangkat sub tema Cerdas, Sejahtera dan Mandiri.” Demikian diungkapkan Ketua Dewan Asuransi Indonesia Dadang Sukresna di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Menurut Dadang, saat ini dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi. Sementara hanya ada 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. “Penetrasi Asuransi di Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 6-7 %, jumlah ini terbilang masih sangat kecil dibandingkan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa, yang memiliki asuransi baru mencapai 1,7 %. Dari jumlah penduduk yang begitu besar, tentunya kenaikan penetrasi 1% saja akan terlihat peningkatan yang cukup besar dari sisi jumlah orang yang memahami pentingnya berasuransi,” Ujarnya.

Dadang menambahkan, tema Insurance Day 2018 tahun ini “Mari Berasuransi” dengan sub tema yaitu Cerdas, Sejahtera dan Mandiri. Pihaknya ingin menggambarkan tujuan bersama industri asuransi Indonesia, untuk dapat meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. “Kegiatan Insurance Day 2018 fokus pada generasi milenial, dengan melakukan kegiatan literasi keuangan secara serentak atau bersamaan di 15 kota bertajuk “Goes To Campus”, melalui seminar dan kuliah umum, antara lain di kota; Aceh, Medan, Palembang, Semarang, Jogjakarta, Surakarta, Surabaya, jember, Bali, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Manado, dan Jayapura. Sementara Puncak acara Insurance Day 2018 akan diselenggarakan pada 16-18 November 2018 di Kota Bandung.” Tutur Dadang.

Dadang menjelaskan bahwa, kegiatan literasi keuangan yang dilaksanakan selama Insurance Day 2018, telah memperoleh penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu kegiatan “Literasi Asuransi Terbanyak” yang dilaksanakan di 15 kota. “Berdasarkan data BPS, jumlah usia yang masuk pada generasi milenial tersebut (usia 17 sampai dengan 35 tahun) atau disebut juga sebagai Gen “Y”, berdasarkan data kependudukan mencapai angka 30,1 persen. Generasi ini merupakan kekuatan besar perekonomian bangsa ke depan, sebagai generasi yang didukung oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Insurance Day 2018 Yanti Parapat mengatakan, produk Asuransi erat hubungannya untuk mendukung passion milenial, “strategi Insurance day Tahun ini ialah enhancing hubungan antara asuransi dan passion milenial yang dikemas menjadi suatu festival dalam bentuk kegiatan exhibition, CSR dan Fun Walk, dimana masyarakat akan turut andil dan menjadi bagian seluruh kegiatan.” Tegasnya.

Insurance day 2018 berpusat di kota Bandung Jawa Barat, dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan Exhihibition, CSR dan Fun Walk, selain itu pelaksanaan Insurance Day juga dilaksanakan di beberapa kota lainnya antara lain; Medan, Palembang, Jawa Tengah, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Jayapura. “Dipilihnya kota Bandung sebagai pusat kegiatan Insurance Day tahun ini, karena Bandung dikenal memiliki sumber daya manusia yang kreatif, aktif dan inovatif, tentunya memerlukan akses keuangan yang inklusif. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman literasi dan inklusi tentang asuransi kepada anak-anak muda di kota Bandung,” tutur Yanti.

Dalam sambutannya, Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Moch. Ichsanuddin, menyampaikan bahwa, peran industri perasuransian dalam pembangunan nasional perlu terus didorong perannya agar mampu berpartisipasi aktif mewujudkan perekonomian nasional yang mampu tumbuh secara stabil dan berkelanjutan. “Melalui Hari Asuransi tahun ini diharapkan dapat semakin mendukung terwujudnya keuangan inklusif dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat” tutup Ichsanuddin.

Terpopuler

To Top