UNAS Terapkan Metode Teleconference Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

man-headphones

Foto: Instruktur sedang menjelaskan materi kepada Mahasiswa Baru

CN, Jakarta – Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019, Universitas Nasional (UNAS) kembali melangsungkan pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, pada Kamis (11/10) dan Sabtu (13/10). Jika selama ini dikenal dengan Character Building (CB) , untuk tahun ini UNAS telah mengganti nama kegiatan tersebut menjadiPengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik (PLBA).

Pada 3 tahun terakhir, selama CB berlangsung mahasiswa baru ditempatkan di kelas masing-masing untuk diberikan materi oleh instruktur. Namun, pada tahun ini, seluruh mahasiswa baru bisa menyaksikan opening ceremony PLBA di kelas masing-masing yang dipusatkan di Aula Blok I Lantai IV melalui metode teleconference dalam waktu yang bersamaan.

“Melalui metode ini, UNAS semakin mengedepankan mengikuti perkembangan blended learning yang sudah diterapkan dibeberapa fakultas. Tak hanya itu, UNAS juga ingin menyongsong era revolusi industri 4.0 yang dimana memungkinkan kita untuk melakukan inovasi-inovasi baru, salah satunya metode teleconference dalam penerimaan mahasiswa baru,” ujar Kepala Biro Administrasi Umum, Drs. Ian Zulfikar, M.Si. saat ditemui di Aula, Rabu (10/10).

Ian yang juga Koordinator Bidang Sarana dan Prasarana PLBA menambahkan, metode teleconference ini dapat menghemat waktu dan biaya saat kegiatan berlangsung. Selain itu,  jika ada instruktur yang terjebak dalam kemacetan bisa menggunakan metode tersebut melalui ponsel masing-masing asalkan memiliki kuota yang cukup dan jaringan yang bagus. Dalam waktu yang bersamaan, mahasiswa baru di kelas bisa langsung menyaksikan materi yang disampaikan oleh instruktur.

Dalam opening ceremony, seluruh mahasiswa baru menyaksikan video sambutan Rektor UNAS, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., melalui proyektor yang tersebar di 12 kelas. Selain itu, juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNAS secara bersama-sama. 

Ditemui di tempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik UNAS, Prof. Iskandar Fitri S.T., M.T mengatakan bahwa UNAS sudah sekian lama meninggalkan metode lama OSPEK untuk pengenalan lingkungan kampus. Tidak ada lagi hal-hal negatif yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

“UNAS sudah 4 tahun terakhir terbebas dari segala hal perploncoan dan menerapkan no ospek no bullying. Bahkan sudah ada indikator pengaman bagi korban bullyinguntuk bisa segera melapor ke bagian terkait di kampus,” imbuhnya, Selasa (9/10).

Iskandar melanjutkan, total seluruh peserta yang akan mengikuti PLBA sebanyak 4.415 mahasiswa. Dalam hal ini, peserta dibagi menjadi 3 shift pada hari Kamis dan 2 shift pada hari Sabtu yang terdiri dari 3 sesi dalam setiap shiftnya. “Dengan adanya PLBA ini saya harapkan mereka bisa tahu seperti apa metode pembelajaran di perguruan tinggi yang sangat berbeda saat SMA,” tutupnya.

 

Terpopuler

To Top