Penyelenggaraan Kesehatan Haji Sukses

man-headphones

CN, Jakarta - Masa operasional haji 1439 H/2018 M telah selesai. Penyelenggaraan Kesehatan Haji 2018 dinilai baik oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Hal ini ditandai dengan 3 penghargaan yang diberikan kepada Kementerian Kesehatan RI.

Menkes Nila Moeloek menyambut gembira dan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga penyelenggaraan kesehatan haji tahun ini dapat berjalan baik.

Jumlah jemaah haji tahun ini sebanyak 221.000 jemaah, dimana 65,5% adalah jemaah dengan resiko tinggi. Jumlah ini lebih tinggi 6.186 jemaah atau sebesar 2,1% dari tahun sebelumnya.

Menkes Nila Moeloek mengatakan untuk mempersiapkan kesehatan jemaah haji, Kementerian Kesehatan telah berupaya melakukan penguatan implementasi Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Haji berupa pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji sejak ditanah air sampai kembali kembali ke Indonesia.

"Target pemeriksaan dan pembinaan kesehatan bagi jemaah haji tahun 2018 dalam Rencana Strategi (Renstra) yaitu sebesar 75%, telah terlampaui," kata Menkes usai membuka acara evaluasi nasional kesehatan haji tahun 1439 H/2018 M di Jakarta, Kamis (11/10).

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi sebagai pelaksana pelayanan kesehatan haji pada pemeriksaan dan pembinaan tahap pertama dan kedua, Kantor Kesehatan Pelabuhan Embarkasi/Debarkasi sebagai pelaksana pemeriksaan kesehatan tahap ketiga dan PPIH bidang Kesehatan Arab Saudi.

 

Terpopuler

To Top