Forum Jejaring I-Plan Untuk Mendukung Peningkatan Ketersediaan Pangan Ikan Berkualitas

man-headphones

CN, Jakarta - Pemenuhan kebutuhan gizi dari Ikan sangat strategis dan sesuai dengan target dan program gizi masyarakat. Pembentukan Forum Jejaring I-Plan (Indonesia-Postharvest Loss Alliance For Nutrition) untuk mendukung peningkatan ketersediaan, aksesibilitas dan kesinambungan pangan bergizi utamanya dari Ikan. Forum jejaring ini telah dikukuhkan melalui Surat Keputusan Direktur Gizi Masyarakat, Ditjen Kesmas, Kemenkes nomor HK.01.07/I/3912/2018 pada tanggal 27 September 2018.

"Forum Jejaring I-PLAN sangat strategis untuk memperkuat integrasi dan sinergi program khususnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai instansi teknis yang sangat diperlukan perannya dalam penyediaan ikan yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan asupan protein dari sumber pangan yang sangat berlimpah dan ada diseluruh wilayah Indonesia. Upaya ini juga tentunya akan semakin memperkuat kerjasama Kemenkes - KKP untuk saling sinergis dalam kegiatan "GEMARIKAN UNTUK GERMAS HIDUP SEHAT"," kata Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI, Doddy Izwardy dalam kegiatan Diskusi Publik Tantangan Inovasi Pascapanen untuk Penyediaan Ikan Berkualitas dan Bergizi Bagi Masyarakat berlangsung di Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (11/10).

Sementara itu, Direktur Pemasaran, Ditjen PDSPKP, KKP Machmud mengatakan dengan adanya Forum Jejaring ini tentunya KKP menyambut baik dan diharapkan ada perbaikan pascapanen terutama ikan segar yang lebih cepat, karena adanya upaya lintas sektor, tidak saja instansi pemerintah, tetapi juga pelaku bisnis, industri manufaktur, peneliti, perguruan tinggi dan yang lebih penting adanya peluang-peluang inovasi pascapanen dari program I-PLAN yang diharapkan sesuai, bisa diterapkan dan kemudian bisa diadopsi ditingkat nasional.

"Visi Forum Jejaring I-PLAN sangat sejalan dengan program pemerintah terkait dengan ketersediaan, keterjangkauan dan keberlanjutan pasokan ikan dalam mewujudkan pemenuhan asupan protein hewani bersumber ikan untuk perbaikan gizi sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan penanggulangan permasalahan stunting," ungkapnya.

Terpopuler

To Top