Asian Para Games 2018 Resmi Dibuka, Mensos Berikan Semangat Bertanding

man-headphones

Foto: Mensos RI, Agus Gumiwang Kartasasmita (Berkacamata) saat menghadiri Pembukaan Asian Para Games 2018 di SUGBK Jakarta (6/10).

CN, Jakarta - Asian Para Games 2018 resmi dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Sabtu malam (6/10).

“Selamat bertanding manusia-manusia hebat. Terima kasih telah menjadi inspirasi. Apapun hasilnya nanti, mereka telah menjadi juara dalam kehidupan,” tutur Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita ditemui disela-sela  menyaksikan Pembukaan Asian Para Games 2018.

Ia mengatakan para penyandang disabilitas adalah teladan bagi semua orang. Semangat dan keteguhan tekad merekauntuk berjuang melampaui hambatan sangat luar biasa.

“Di saat-saat sulit, mereka tidak mengeluh. Mereka berhasil melampaui batasan-batasan. Itulah manusia hebat,” tuturnya.

Menteri Agus mengatakan Kementerian Sosial dalam Asian Para Games ini turut ambil bagian dalam penyiapan Indonesia sebagai tuan rumah yang ramah disabilitas. Berbagai upaya dilakukan seperti memberikan pelatihan kepada koordinator volunteer Asian Para Games, menyiapkan mobil akses bagi atlet, menyosialisasikan Asian Para Games kepada para penyandang disabilitas, menggelar pertemuan dengan para editor dan produser desk olah raga untuk menyosialisasikan etika peliputan dan interaksi dengan penyandang disabilitas, serta mengunjungi arena pertandingan untuk melihat fasilitas disabilitas.

“Kami juga menyiapkan undangan gratis bagi penyandang disabilitas yang dikoordinir oleh organisasi atau perkumpulan penyandang disabilitas,” tambahnya. 

Ia merinci dari pendaftaran yang dibuka secara online, hingga Sabtu siang pukul 12.00 WIB atau menjelang pembukaan sebanyak 3.214 tiket undangan sudah terdistribusi. Sementara untuk tiket undangan menyaksikan pertandingan, dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan telah terdistribusi 21.105 tiket undangan untuk tiga hari pertama pertandingan.

Tercatat sebanyak 189 lembaga, organisasi penyandang disabilitas, serta perkumpulan penyandang disabilitas yang mendaftarkan diri secara online dan offline.

Pembukaan Asian Para Games 2018 dihadiri Presiden RI dan Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua DPR, MPR, dan para Menteri Kabinet Kerja, Presiden NPC dan Ketua Panitia Penyelenggara Inapgoc.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 43 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, 1.800 orang ofisial, dan diliput oleh 1000 media, baik media nasional maupun asing.

Pembukaan Asian Para Games 2018 mengusung tema kekayaan laut. Acara pembukaan ini dikreasikan dengan apik dan meriah oleh Associate Creative Director dan Set Designer Jay Subiyakto, Costume Designer Chitra Subiyakto, dan Music Director Andy Rianto.

“Seru dan Bagus, senang sekali mengajak anak-anak menonton pembukaan Asian Para Games. Ada nilai-nilai positif yang bisa diajarkan ke mereka. Belajar tentang menghargai perbedaan, menghormati sesama manusia termasuk penyandang disabilitas, mengajarkan tentang kesetaraan hak penyandang disabilitas. Seru lah datang ke sini,” ujar salah satu penonton, Dika (35).

 

Terpopuler

To Top