Anugerah Kebudayaan Sebagai Upaya Memajukan Kebudayaan Bangsa

man-headphones

Foto: Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly pada acara Anugerah Kebudayaan Tahun 2018

CN, Jakarta - Sebanyak 51 pengiat seni dan budaya menerima penghargaan di malam Anugerah Kebudayaan dan Pameran Karya Anak Bangsa, Rabu malam (26/9), berlangsung di Plaza Insan Berprestasi, Kemdikbud.

Penghargaan diterima untuk mengapresiasi komitmen mereka melestarikan budaya Indonesia. Para penerima penghargaan tidak hanya memperoleh piagam dan pin emas saja. Mereka juga memperoleh uang penghormatan sebesar Rp 50 juta per orang. Sementara khusus empat maestro di bidang seni tradisi diberikan Rp 25 juta setiap tahunnya hingga mereka wafat.

Dalam sambutannya Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly mengatakan nama-nama penerima penghargaan merupakan hasil seleksi yang dilakukan sejak awal Februari 2018. Sedangkan untuk tim penilai, adalah orang-orang yang dipilih dari luar Kemdikbud. Masing-masing kategori dipercayakan kepada 5 orang penilai, yang memiliki kewenangan secara khusus untuk memilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. “Prestasinya memperlihatkan pembaruan penciptaan karya seni yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan, menunjukkan nilai kepeloporan yang menjadi inspirasi monumental bagi masyarakat, serta berkontribusi pada kemajuan bidang seni yang ditekuninya,” kata Nadjamuddin Ramly.

Nadjamuddin mengungkapkan penghargaan Kebudayaan dan Pameran Karya Anak Bangsa merupakan program apresiasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Cq Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai bagian integral pembangunan karakter bangsa, sekaligus upaya memajukan kebudayaan bangsa.

"Sebagai momentum, penyelenggaraan Malam Anugerah Kebudayaan dan Pameran Karya Anak Bangsa ini harus dimaknai secara baik, sebagai karya seni yang mengandung nilai-nilai estetik, etik, edukatif, entertaint dan diharapkan dapat menggugah secara emosional penonton dalam melakukan reinterprestasi," tuturnya.


 

Terpopuler

To Top