Pameran Spirit Potret Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dunia Seni Rupa Indonesia

man-headphones

CN, Jakarta - Museum Basoeki Abdullah Jakarta menyelenggarakan Pameran Temporer Spirit Potret, Selasa (25/9). Pameran ini dibuka secara resmi oleh Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Dr. Nadjamuddin Ramly, M.Si mewakili Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Dalam kesempatan ini Direktur Warisan dan Diplomasi BudayaDr. Nadjamuddin Ramly mengatakan Pameran ini mengajak para pelukis untuk menilik kembali fenomenalitas dan ketokohan Basoeki Abdullah dalam dunia lukisan potret. Di sini para pelukis diminta untuk menggubah potret dengan gaya dan caranya sendiri.

"Hasilnya seperti yang terhadir sekarang ini, jajaran lukisan yang menghibur dan mengusik dengan didalamnya menyimpan kandungan berbagai aspek, seperti balada, penganutan, penerusan, parodi sampai karikatur bahkan penafsiran lanjut (interpretasi) yang bernuansa kepada respon budaya dan sosial," katanya

Sementara itu Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah mengatakan kegiatan pameran Temporer 2018 dengan tema Spirit Potret merupakan salah satu sarana penyebaran informasi.

"Pameran ini sebagai upaya memberikan pemahaman tentang arti penting peran Museum Basoeki Abdullah dan pelukis Basoeki Abdullah dalam dunia seni rupa Indonesia," ungkapnya.

Maeva Salmah berharap melalui pameran ini dapat mengenalkan Museum Basoeki Abdullah dan pelukis Basoeki Abdullah melalui hasil karya dan keilmuan pelukis Basoeki Abdullah bagi dunia pendidikan dan mendukung program pemerintah. Selain itu tentunya juga untuk meningkatkan minat, kualitas dan kompetensi keilmuan seni lukis secara khususnya ilmu seni lukis terkait pelukis Basoeki Abdullah.

Terpopuler

To Top