Dirjen Kebudayaan: Pameran Sejarah Asian Games 1962 Pengingat Kesuksesan Indonesia

man-headphones

Foto: Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid (Baju Batik)

CN, Jakarta - Direktorat Jenderal Kebudayaan  Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Museum Nasional,  serta didukung Kantor Cabang Perum Percetakan Negara Lokananta, Ulil Yusron (Komunitas Kesejarahan) dan Amin Rahayu (Sejarawan/Direktorat Sejarah Kemendikbud) menyelenggarakan Pembukaan dan Pameran Sejarah Asian Games yang berlangsung di Museum Nasional Jakarta, Sabtu (18/8).

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI, Hilmar Farid mengatakan kesuksesan Indonesia  menjadi Tuan Rumah Asian Games 1962 merupakan memori kolektif bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa Asia sebagai gelaran olahraga terbesar di Asia.

Direktorat Sejarah  menghadirkan Pameran Asian Games di dua lokasi yang berbeda, Pameran yang dibuka untuk umum ini berlokasi di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan,  Jakarta yang berlangsung dari tanggal 17- 25 Agustus 2018 dan Ruang Pamer Kaca Gedung B Museum Nasional yang berlangsung dari Tanggal 18-28 Agustus 2018.

Koleksi sejarah Asian Games berupa foto, majalah, dan surat kabar sejaman, perangko dan  benda memorabilia berupa souvenir Asian Games ke-IV tahun 1962 dihadirkan pada pameran ini.

"Pameran yang dihadirkan diharapkan dapat memotivasi dan membangun semangat tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang," kata Hilmar Farid usai meninjau ruang Pameran Sejarah Asian Games di Museum Nasional Jakarta.

Lebihlanjut Hilmar Farid mengatakan Penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak hanya sebuah peristiwa olahraga tetapi juga sebuah unjuk kemampuan menyelenggarakan sebuah perhelatan internasional dan Pameran Sejarah Asian Games ini untuk mengingatkan bahwa Indonesia pada tahun 1962 Sukses menggelar Asian Games ke IV atas kerjasama Pemerintah dan dukungan masyarakat Indonesia yang luar biasa.

"Kekompakan adalah kunci keberhasilan dan melalui Pameran Sejarah Asian Games 1962 ini tentunya kita ingin memberikan informasi mengingatkan kembali kepada publik bahwa dengan keterlibatan publik maka Asian Games 2018 akan berlangsung dengan sukses," ungkapnya.

Terpopuler

To Top