BSN Raih Rekor Muri Penyajian Bakso sebanyak 18.818 Porsi

man-headphones

CN, Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan para pemangku kepentingan di antaranya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kelautan, serta industri penerap SNI, memecahkan Rekor Muri Penyajian Bakso Ikan Terbanyak sejumlah 18.818 porsi.

"Momen 18.818 kami pilih untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Alhamdulillah sudah memecahkan rekor MURI," kata Kepala BSN Bambang Prasetya disela-sela kegiatan di halaman Gedung BPPT, Jakarta, Minggu (5/8/2018).

Lebihlanjut Bambang Prasetya mengatakan Pemilihan bakso ikan bertujuan untuk menyukseskan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan mendukung penurunan angka kekerdilan (stunting). Rekor Muri sebelumnya dilakukan pada tanggal 1 Maret 2014 dengan penyajian bakso sebanyak 16.074 porsi.

Menurutnya beberapa makanan olahan berdasar ikan yang telah ber-SNI selain Bakso diantaranya adalah ikan bandeng tanpa duri, kerupuk ikan abon ikan, ikan dalam kemasan kaleng hasil sterilisasi, siomay ikan, nuget ikan, otak-otak ikan, amplang ikan, pempek, ikan lapis tepung, ikan sarden dan sebagainya.

"BSN telah menerapkan 73 SNI produk ikan olahan. Khusus SNI bakso ikan ditetapkan dengan nomer 7266:2017. SNI ini merupakan revisi SNI 7266: 2014 Bakso Ikan," ungkapnya.

Ia menjelaskan SNI bakso ikan sendiri bersifat sukarela dan tidak diwajibka oleh pemerintah. Penetapan SNI bakso ikan bertujuan untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan terhadap komoditas yang dipasarkan di dalam negeri ataupun di luar negeri.

SNI Bakso Ikan menetapkan syarat mutu dan keamanan bakso ikan, bahan baku, bahan penolong dan bahan lainya, serta penanganan dan pengolahan bakso ikan.

"Persyaratan mutu SNI Bakso Ikan meliputi lulus uji batas maksimum untuk sensori, kimia, cemaran mikroba, cemaran logam, dan cemaran fisik," ungkap Bambang.

Dengan demikian bakso ikan ber-SNI memberikan jaminan bahwa bakso yang dikonsumsi aman dan sehat karena telah lulus uji memenuhi persyaratan yang ada dalam SNI tersebut. Isu kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin dapat kita tepis jika kita mau membiasakan diri membeli bakso ikan ber-SNI.

Pemecahan Rekor MURI Bakso Ikan diharapkan bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersama sama mengkampanyekan produk olahan ikan olahan ber-SNI. Selain di Jakarta pemecahan Rekor MURI juga dilaksanakan di Palembang untuk penyajian pempek ber-SNI terbanyak sejumlah 18.818 buah.

 

Terpopuler

To Top