RICMA Kembali Gelar Ramadhan Jazz Festival 2018

man-headphones

CN, Jakarta - Remaja Islam Masjid Cut Mutia (RICMA) bersama Warta Jazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2018” pada 25-26 Mei 2018. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturrahim dan menambah antusiasme anak muda dan remaja untuk ke masjid,“ demikian diungkapkan Ketua Umum RICMA M Sukarno Hatta di Aula Masjid Cut Mutia, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Menurut Sukarno Hatta, penyelenggaraan Ramadhan Jazz Festival (RJF) selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya sejak di gelar delapan tahun lalu, terlihat mulai dari jumlah penonton, jumlah donasi, lagu-lagu rohani Islam, musisi jazz yang terlibat dan selalu ada ciri khas atau keunikan dalam setiap penyelenggaraannya, “tahun lalu donasi yang terkumpul sebesar Rp150 juta digunakan untuk merenovasi sekolah di Balaraja, Tangerang, dan sudah dimanfaatkan kembali untuk kegiatan belajar mengajar disana, diharapkan pada RJF tahun ini bisa meningkat lagi,” tutur Sukarno Hatta.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pelaksana Ramadhan Jazz Festival 2018, Amira Azizah Audi menambahkan bahwa, pada tahun ini RJF 2018 bertajuk Jakarta Is Us dengan Tagline #LoveUnitesAll dengan membawa pesan cinta dan harmoni kedamaian bagi seluruh warga Jakarta. “Apa yang diberikan Ramadhan Jazz Festival untuk umat memang berbeda dari acara-acara yang lain, kita selalu mencoba mengemas acara ini dengan cara yang bisa diterima oleh anak-anak Millennials.” Jelas Amira.

Amira mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan dari RJF 2018 yakni program Pre Event bertajuk “Ramadhan Jazz Festival Goes To School” sebagai acara pendukung bagi adik-adik pelajar SMA/sederajat. “Acara digelar di SMAN 3 Jakarta pada tanggal 20 April 2018 dan ditutup meriah dengan pertunjukkan dari The Soulful dan Thavita, diselenggarakan pula audisi band dari grup-grup SMA/sederajat, pemenangnya akan tampil dalam acara RJF 2018.” Katanya.

Penyelenggaraan RJF 2018 juga mengenakan biaya masuk atau tiket yang akan dialokasikan sebagai donasi untuk aktivitas sosial, “kali ini aktivitas sosial akan fokusbpada masalah kesehatan dengan membantu mengisi rumah singgah yayasan Cancer Information and Support Center (CISC). “Kami sebagai remaja masjid yang peduli terhadap pendidikan, kesehatan dan isu sosial lainnya merasa perlu menciptakan suatu wadah untuk membantu menunjang sarana dan prasarana demi terciptanya kehidupan yang kebih baik.” Tegas Amira.

Agus Setiawan Basuni selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, beberapa nama yang dipastikan akan tampil dalam RJF 2018 antara lain Lantun Orchestra, Dengarkan Dia, The Soulful dan masih banyak lagi. “RJF  merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia, program jazz di lingkungan masjid ini adalah upaya pembelajaran sekaligus kontribusi pada khasanah musik (jazz) dunia.” Pungkas Agus.

Terpopuler

To Top